Memperingati HKN Ke – 58, Dinkes Nganjuk Mengggelar Senam, Jalan Sehat, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Dan Launching Ambulans Roda dua

 

Nganjuk, Wartapos.id – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) yang ke 58 dengan tema ” Bangkit Indonesiaku , Sehat Negeriku “, bertempat di alun-alun Nganjuk Minggu pagi (20/11/22). Plt Bupati Nganjuk memberangkatkan jalan sehat sekaligus gerakan PSN masal, launching ambulans roda dua, launching kendaraan operasional fogging, dan launching balai rehabilitasi narkotika nyawiji Adhyaksa .

Hadir dalam hari kesehatan nasional ( HKN ) Plt Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E,S.H,M.M,MBA , sekretaris daerah kabupaten Nganjuk,
Plt Kepala dinas kesehatan kabupaten Nganjuk Samsul Huda, SH MH, kepala kejaksaan Nganjuk Nophy Tennophero Suoth, SH, MH, ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, S.sos, waka polres Nganjuk, staf TU, karyawan dinas kesehatan kabupaten Nganjuk, dan masyarakat. Dalam sambutannya Plt kepala dinas kesehatan kabupaten Nganjuk Samsul Huda, SH, MH mengatakan hari kesehatan nasional ( HKN ) bisa kita jadikan sebagai sebuah komitmen diri dalam rangka Nganjuk bangkit sebagai tagline yang selalu di sampaikan Plt Bupati Nganjuk, dan mudah mudahan pada kesempatan pada hari ini kita semua bisa bergembira menikmati beberapa launching ambulans roda dua, launching roda tiga untuk fogging, launching dari kejaksaan ruang rawat untuk rehabilitasi masyarakat yang terjerat narkoba. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada stekholder yang menjadi sponsor mulai tempat layanan kesehatan , juga kepada insan tenaga kesehatan dari seluruh kabupaten Nganjuk . Mari kita jadikan kabupaten Nganjuk sebagai kabupaten yang sehat , damai yang bangkit dengan kepemimpinan kang Marhaen, ” jelasnya “.

Sementara itu Plt Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E, S.H,M.M,MBA dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional ( HKN ) ke 58 hari ini kita akan melaunching tiga kegiatan yaitu launching ambulans roda dua, launching fogging roda tiga, dan ruang rawat untuk rehabilitasi masyarakat yang terjerat narkoba kerjasama antara pemerintah daerah ( pemda ) dan kejaksaan Nganjuk. Dari organisasi kesehatan di kabupaten Nganjuk dalam rangka rangkaian HKN ini bisa membuat acara sampai bulan desember mau sunat masal, atau nikah massal ini penting sekali dan barokah . Mari kita jaga Nganjuk covid-19 masih ada yang belum vaksinasi bosther segera untuk melakukan vaksinasi, para bidan, perawat, dan dokter mari sosialisasikan kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis ke tiga,” tuturnya ” .

Dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional ( HKN ) ke 58 dinas kesehatan kabupaten mengggelar beberapa kegiatan seperti senam, jalan sehat dengan berbagai doorprize seperti setrika, magic com, kompor gas, perabot rumah tangga, mesin cuci, kulkas, sepeda gunung, dan hadiah utama sepeda motor. Pameran dan pemeriksaan kesehatan gratis seperti glukosa darah, asam urat, kolesterol, golongan darah, konsultasi gizi, tekanan darah. Sosialisasi jaminan kesehatan pemeriksaan kesehatan akupuntur , gerai vaksinasi covid-19 , PSC 199 publik safety center merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan berdasarkan inpres No 4 tahun 2013 tentang dekade aksi keselamatan di jalan. Permenkes No 19 tahun 2016 tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu ( SPGDT ). Surat keputusan kepala dinas kesehatan kabupaten Nganjuk tahun 2019, tujuan PSC 199 untuk membantu penanganan gawat darurat medis terhadap masyarakat secara cepat , tepat selamat dengan tenaga profesional.

” PSC 119 merupakan layanan gawat darurat medis jadi kita mempunyai armada ambulans yang semi icu yang di dalamnya ada monitor untuk melihat ritme jantung , tensi , dan alat sajak . Kita melayani pasien kecelakaan kita juga kordinasi dengan satlantas kemudian juga ada pasien dari rumah seperti pasien serangan struk, dan jantung yang mengancam nyawanya . Yang terbaru ini ada launching dua ambulans roda dua yang di dalamnya ada alat alat emergency , kalau ada pasien yang rumah nya ada di gang sempit kita bisa menggunakan ambulans roda dua. Harapan kami dengan ada nya PSC 119 masyarakat Nganjuk bisa mendapatkan pertolongan gawat darurat, bisa mengurangi terjadinya kematian pasien karena mendapatkan pertolongan secepatnya dan mendapatkan pertolongan pra hospital atau bisa menghubungi di nomor 081131168119, ” terang Agung Sudibyo call center 119 dinas kesehatan kabupaten Nganjuk ” .

Panitia pelaksana kegiatan hari kesehatan nasional ( HKN ) Yudi Suryanto, SKM mengatakan kita hari ini melaunching ambulans roda dua , melaunching kendaraan roda tiga untuk fogging dan penanganan PSN masal . Selain itu, ada kegiatan stand yang diikuti oleh semua insan kesehatan dari rumah sakit nganjuk, rumah sakit kertosono, rumah sakit bayangkara, rumah sakit Islam , dan di ikuti 20 puskesmas se kabupaten Nganjuk semua organisasi profesi kesehatan ada IDI, PPNI, PPKMI. Dan ada pemeriksaan kesehatan gratis, pemeriksaan kolesterol, gula darah, asam urat konsultasi gizi, tekanan darah dan vaksinasi. Harapan kami dengan hari kesehatan nasional ( HKN ) ini masyarakat Nganjuk memahami dan bisa tersampaikan pesan kita bahwa tenaga kesehatan di Nganjuk sangat dekat kepada masyarakat , siap untuk melayani masyarakat, ” pungkasnya ” . ( Kes / Uzi )