Hadiri Acara Konsultasi Publik RPP BUMdes, Menteri Desa Ingatkan Kades Soal Dana Desa

Menteri Desa Saat menghadiri Konsultasi RPP BUMdes di wisata alam hutan bambu

Lumajang Wartapos.id – Bertempat di Wisata Hutan Bambu Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro – Lumajang, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menghadiri acara Konsultasi Publik RPP BUMDes, Kamis (13/11/2020).

Hadir dalam acara tersebut Menteri Desa didampingi oleh istri Umi Lilik Nasriyah, Bupati Lumajang Thoriqul Haq serta jajaran Forkopimda, serta sejumlah kepala desa dan pendamping desa.

Pada kesempatan tersebut Menteri Desa mengatakan, dana desa bisa dipakai untuk dua hal, Yaitu peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Sampean mau pakai apa saja asal arahnya ke sana (peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat) boleh,” Ungkapnya.

Ia menambahkan, setiap kades harus memiliki rencana pembangunan yang bagus. Karena menurutnya, permasalahan mendasar dalam pembangunan iadalah perencanaan. Sementara masalah mendasar dalam perencanaan adalah data.

“Kades harus punya rencana, seperti mengentaskan kemiskinan atau bangun wisata desa, Ditegaskan pula, pembangunan tak melulu soal infrastruktur saja.” Katanya.

Sementara Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, saat ini banyak potensi wisata yang muncul di Lumajang. Pihaknya akan mendukung bagaimana potensi tersebut berjalan dengan baik. Sehingga banyak masyarakat sekitar yang merasakan manfaatnya.

“Tugas kami mengkoneksikan satu potensi wisata dengan potensi wisata lainnya. Kami konsentrasi betul dengan kepariwisataan,” Terangnya.

Lebih jauh Bupati Lumajang menyampaikan, begitu ada konektifitas antar potensi wisata yang ada, bisa berdampak pada meningkatnya perekonomian warga.

“Banyak wisatawan yang akan menghabiskan uang disini. Produk-produk yang ada di desa juga ikut banyak terjual,” pungkasnya

Reporter ; Nizar/Anwar