Ket foto: Plt Bupati saat sarasehan may day
Lumajang, Wartapos.id – Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes. hadiri sarasehan Ketenagakerjaan memperingari Hari Buruh Internasional, “May Day” di Gedung Guru, Jln. Veteran, Selasa (01/05).
“Berbeda pilihan boleh, tapi jangan sampai perbedaan itu menjadi masalah yang nantinya berujung pada perpecahan”, ujarnya.
Tema Hari Buruh Internasional 2018 ini, adalah :”may day for fun and smart day”. Peringatan hari buruh tersebut diikuti oleh 400 lebih pekerja dan buruh dari beberapa perusahaan di Kabupaten Lumajang.

Plt. Bupati mengapresiasi peringatan May Day di Kabupaten Lumajang yang berjalan kondusif dan mengingatkan, agar PILKADA tidak menjadi alasan untuk berpecah belah.

“May day jaman now ini, alhamdulillah bisa kita laksanakan secara kondusif, sudah berbeda dengan pada jaman dulu. Ini perlu kita jaga terus, kita semua ini satu,” pesannya.
Kepada para buruh, Plt. Bupati berharap,  jika ingin menyampaikan usulan ataupun kritik terhadap kebijakan perusahaan, agar disampaikan secara baik, dengan asas musyawarah dengan pihak perusahaan, tidak perlu demo apalagi sampai menyebabkan kerusuhan.

Senada dengan Plt. Bupati Lumajang, Kapolres Lumajang, AKBP. Rachmad Iswan Nusi, SIK, MH., juga mengapresiasi pelaksanaan peringatan May Day di Kabupaten Lumajang yang kondusif.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres menyampaikan pesan KAPOLRI agar masyarakat bisa memilah berita yang sedang ramai dimedsos. “Marilah kita cerdas dalam memilah berita, dan bagi orang tua tolong dijaga dan diawasi jangan sampai media sosial mempengaruhi pola pikir anak”, kata Kapolres mengingatkan.

“Mari kita tata negara ini, menjadi negara yang kuat untuk generasi yang akan datang, dan mari kita laksanakan kegiatan May Day ini dengan senang dan tertib”, tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kabupaten Lumajang, Drs. Suharwoko, M.Si., melaporkan kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin dan mempertahankan keharmonisan antara buruh, pengusaha dan pemerintah, serta memberikan wadah bagi buruh untuk memperingati hari buruh.”Alhamdulillah Lumajang beberapa tahun ini sangat kondusif, tidak ada perayaan hari buruh dengan kegiatan yang tidak bermanfaat”  ujarnya.

Diungkapkan, Sarasehan memperingati Hari Buruh tahun 2018 di Kabupaten Lumajang diisi dengan kegiatan sosial seperti donor darah yang dilakukan hampir diserluruh perusahaan di Kabupaten Lumajang.

Acara Sarasehan itu,  menghadirkan Narasumber dari Univ. Naroetama, Soemali, SH. MH., sebagai salah satu ahli dibidang ketenagakerjaan. (Nzr/war*)