sidang perdana Saiful Ilah di Pengadilan Tipikor

Sidoarjo,Wartapos.id. – Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah menjalani sidang perdana kasus dugaan korupsi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, jalan sedati juanda, Rabu (3/6).

Saiful ilah memakai baju putih dan celana warna hitam, terlihat  menyimak jaksa KPK membacakan surat dakwaan kepada dirinya.

Dalam persidangan pembacaan dakwaan, Saiful Ilah di dakwa pasal berlapis dan membantah tudingan menerima suap dari dua kontraktor Ibnu Ghofur dan Totok Sumedi untuk memenangkan tender sejumlah proyek infrastruktur di lingkungan Pemkab Sidoarjo dakwaan yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat persidangan itu salah.

“Saya dengar dan mengerti. Tapi dakwaan itu tidak benar pak hakim,” kata Saifulilah saat ditanya hakim , ketua majelis dalam persidangan di Pengadilan Tipikor

Saiful Ilah menambahkan, tidak ada operasi tangkap tangan (OTT) dan mengaku saat diamankan Penyidik KPK, dia sedang berada di dalam Pendopo Sidoarjo.

“Saya tidak pernah meminta-minta uang kepada kontraktor atau anak buah saya. Saya juga tidak pernah menyuruh siapapun untuk meminta uang,” kata Saiful ilah

Dalam kasus ini Saifulilah didakwa melanggar Pasal 12 huruf c atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Saiful Ilah dugaan menerima suap dari Ibnu Ghofur dan Totok Sumedi. Dalam surat dakwaan Jaksa KPK, dua kontraktor itu menyuap agar sejumlah proyek infrastruktur Tahun Anggaran 2019 dimenangkan.

Usai sidang Saiful ilah kembali menyatakan saat di wawancarai awak media bahwa dirinya tidak bersalah dalam perkara ini dirinya cuma korban.

Reporter : yusuf

.