Festival Ikan Koi Tingkat Nasional Pertama Kali Digelar Di Lumajang

nampak sejumlah ikan koi dalam festival

Lumajang Wartapos.id – Ratusan ikan Koi dari sejumlah penjuru di Indonesia mengikuti ajang festival Ikan asal Jepang ini di sebuah gedung, di jalan veteran kota Lumajang, Sabtu (09/03/19). 

Dalam festival ini, sekitar 432 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai Jawa barat, Jawa tengah, Jawa timur, Bali dan sejumlah luar Jawa.
“Meski acara festival ini baru pertama kali di Lumajang, animo peserta cukup tinggi,” ungkap Ketua panitia, Sam Santoso, saat di timika di sela sela acara.
ketua panitia dan ketua LKC
Lebih lanjut, Pria penghobi ikan koi ini
menyampaikan bahwa, acara ini bertujuan memberikan edukasi bagi warga Lumajang pada khususnya dan warga Indonesia pada umum karena potensi ikan koi sangat menjanjikan.
“Ikan koi ini memiliki potensi besar. Tak hanya produktifitasnya, tapi terpenting nilai artistik dan ekonominya. Jika menang champion, bisa senilai harga miliaran rupiah per ekor nya,” terangnya.
“Ajang festival sekelas Nasional ini memang tidak memiliki hadiah besar, Hadiahnya hanya cukup pembinaan saja, Karena yang terpenting, nilai jual ikan habis ikut festival. Diakhir acara ini, semua ikan dalam festival ini akan di lelang. Meski semua tergantung pada pemiliknya,” bebernya.
Salah satu peserta festival ikan koi ini menyampaikan, Untuk ikut Festival seperti ini, peserta memang harus melakukan persiapan – persiapan, mulai dari kesehatan ikan, warna ikan, hingga makanan ikan.
“Pokoknya, satu Minggu sebelum acara festival, ikan ikan kontes ini harus di karantina terlebih dahulu, sehingga ikan memiliki postur tubuh maksimal,” ungkap, Iswara, salah satu peserta ikan Koi.
Sementara itu ada empat juri yang diterjunkan dalam ajang festival ini, Mereka menilai aneka macam jenis ikan koi tersebut, mulai dari kesehatan, body dan nilai artistiknya.
“Dari ikan dengan volume 10 centimeter hingga 55 centimeter, ikan bertubuh 45 centimeter menjadi juaranya,”  tutup Agus Triyanto, ketua dewan juri. (nzr/war)