KPK Datangi Lumajang Bukan Dalam Rangka Penindakan

Kantor Pemerintah Kab. Lumajang
Kantor Pemerintah Kab. Lumajang

Lumajang Wartapos.id

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hadir di Kabupaten Lumajang rabu (23/11), kedatangan KPK identik dengan penegakan hukum seperti yang sering terdengar dimedia cetak ataupun elektonik. Namun kali ini kedatangan KPK ke Kabupaten Lumajang bukan dalam rangka penegakan hukum melainkan menindak lanjuti Nota Kesepakatan yang telah ditandatangani antara Gubernur Jawa Timur dengan Para Bupati dan Wali kota se Jawa Timur dalam upaya pemberantasan korupsi secara integritas.

Plt Sekda Kabupaten Lumajang Drs. Nur Wakit Ali Yusro M.Ap menjelaskan bahwa kedatangan dua petugas KPK tersebut merupakan tindak lanjut dari nota kesepakatan yang telah di tandatangani antara Gubernur Jawa Timur dengan Bupati dan Walikota se Jawa Timur, dalam upaya pemberabtasan korupsi secara integritas.

“Dua petugas KPK tersebut dari Korsup (koordinator Supervisi I) Deputi Bidang Pencegahan, Mereka berdua melakukan identifikasi atau pemetaan tentang tata kelola pemerintahan daerah”. Ungkap Plt Sekda Pemkab Lumajang kamis (23/11).

Plt Sekda menambahkan bahwa kedatangan dua petugas KPK tersebut juga terkait dengan rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegritas, hal yang sama juga dilakukan di kabupaten/kota lain di Jawa Timur secara terjadwal mengunjungi seluruh kabupaten/kota se Jawa Timur dalam rangka memberikan advokasi.

“Jadi tidak benar kalau ada rumor yang mengatakan bahwa kedatangan KPK ke Lumajang melakukan penindakan, tetapi meraka melakukan monitoring dan advokasi keseluruh Pemkab/Pemkot se Jawa Timur secara bergiliran”. Tegas Plt Sekda Pemkab Lumajang. (Nizar)