Peran Aktif Babinsa Dampingi Posyandu di Wilayah Binaan

Surabaya, Wartapos.id- Bintara Pembina Desa Koramil 0830/03 Pabean Cantian Serda Atim melaksanakan kegiatan pendampingan Pelayanan Posyandu oleh tenang kesehatan dari Puskesmas Perak Timur bertempat di Balai RW 1 Jln Kalimas baru 1 RT 4 RW 1 Kelurahan Tanjung perak Kecamatan Pabean Cantikan, Jumat (3/5).

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas kepada masyarakat dibantu Ibu-ibu Kader Surabaya Hebat (KSH) dengan tujuan meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi balita serta untuk menekan angka kematian bayi lima tahun (balita) dan ibu hamil serta pencegahan Stunting.

Selain pendampingan kehadiran Babinsa pada kegiatan posyandu juga bertujuan untuk membantu kelancaran kegiatan serta memberikan himbauan kepada masyarakat khusus nya kepada ibu-ibu yang memiliki balita dan ibu hamil agar datang mengikuti posyandu serta memeriksakan kesehatan balita dan kehamilannya secara berkala, dengan begitu kesehatan ibu dan anak terpantau sejak anak masih dalam kandungan.

Pada kegiatan posyandu yang diselenggarakan oleh bidan Puskesmas dan kader posyandu meliputi penimbangan balita, pengukuran tinggi badan balita, pengukuran lingkar kepala, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang, imunisasi, pemberian makanan menu saji sehat serta pemberian vitamin A untuk balita serta pemeriksaan ibu hamil.

Serda Atim di sela-sela pendampingan kegiatan posyandu mengatakan “posyandu sebagai wadah pemeliharaan kegiatan kesehatan masyarakat akan terus rutin kami dampingi, sebagai wujud kepedulian kami terhadap kesehatan masyarakat dan merupakan upaya pencegahan stunting di wilayah kami” ungkapnya. (Oni)