Rayakan HPN, PWI Lumajang Gelar Acara Tasyakuran & Deklarasi Pemilu Damai 2024

Lumajang Wartapos.id – Bertempat di hall rumah makan Istana Kuliner Lumajang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lumajang menggelar acara tasyakuran Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dan deklarasi pemilu damai 2024, pada jum’at (09/02/24), pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Sekda Lumajang Agus Triyono, Ketua KADIN Lumajang Agus Setiawan, Humas Polres Lumajang, pihak STIH, Wiga ITB, Kasat Intel Polres Lumajang, BNN, Kejari, Ketua CSR, Plt. Kadis Kominfo Gus Mustaqim, Bakesbangpol, sejumlah awak media yang tergabung dalam berbagai komunitas.

Ketua PWI Lumajang Mujibul Choir dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, pers sebagai pilar keempat demokrasi tentunya juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan Pemilu.

“Pers turut serta membantu menciptakan suasana Pemilu yang kondusif, Salah satunya kita membantu melawan hoaks,” ungkapnya
Choir menegaskan bahwa pers juga menjadi corong utama dalam menyampaikan informasi dan sosialisasi Pemilu ke masyarakat.

“Kita juga mengajak masyarakat untuk tidak golput. Masyarakat harus memberikan hak suaranya,” imbuhnya.

Sementara itu Agus Triyono selaku Sekda Lumajang mengapresiasi dan mengucapkan selamat HPN 2024 kepada PWI Lumajang dan insan pers yang ada di Kabupaten Lumajang.

“Atas nama Pemkab Lumajang saya ucapkan Selamat HPN 2024,” ucapnya.

Lebih jauh Drs. Agus Triyono, menyampaikan, bahwa insan pers itu harus selalu update pengetahuan dan upgrade kemampuan agar kehadirannya menjadi orang yang didambakan oleh pemerintah dan masyarakat, bukan sebaliknya, menjadi momok birokrasi. Insan pers bukan ditakuti tapi kehadirannya ditunggu.

“Jadilah pers yang cerdas mencerdaskan. Kalau menekan pemerintah mereka akan dimusuhi,” terangnya.

Agus Triyono menambahkan bahwa pemerintah ingin diapresiasi kegiatan dan program – programnya melalui banyak celah. Oleh karena itu diperlukan sinergi mana yang perlu diberitakan.

 

Reporter ; Nizar/Anwar