Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Agus Yudha Tekankan Pentingnya Penguatan Ideologi Pancasila

H. Agus Wicaksono S.sos saat menggelar sosialisasi wawasan Kebangsaan

Lumajang Wartapos id –  H. Agus Wicaksono, S. Sos Ketua Badan Kehormatan (BK) dan Anggota Komisi C (Bidang Keuangan) DPRD Provinsi Jawa Timur menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Soswasbang) di Hall Hotel Prima Jalan Ir. Soekarno Hatta No. 69 Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Kamis (17/11/2022).

Dalam Kesempatan tersebut, Agus Yudha sapaan populer H. Agus Wicaksono S.sos, menyampaikan bahwa Pancasila merupakan Simbol Pemersatu Bangsa dan alat memperkuat persatuan untuk mencapai kesejahateraan sosial, dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Sehingga membumikan Pancasila, menjadi sesuatu yang penting ditengah tantangan era globalisasi saat ini.

Kegiatan ini digelar dalam rangka sosialisasi wawasan kebangsaan berkaitan dengan penguatan ideologi Pancasila, utamanya dalam pengimplementasian mereka sebagai pemimpin di Desa. Bagaimana pun pemimpin tidak hanya memahami Pancasila, tapi benar – benar mengiplementasikanya dalam dalam kebijakannya.

Anggota DPRD Provinsi dari Partai PDI-P ini mengatakan, kalau penguatan ideologi Pancasila ini dilakukan oleh seluruh Kepala Desa, tentu saja desa kita akan menjadi sangat luar biasa, utamanya bagi warga masyarakat yang hari ini membutuhkan keadilan.

“Salah satu contoh, ketika ada Kepala Desa yang memberikan data kepada kepada pemerintah pusat berkaitan dengan bantuan yang seharusnya itu diberikan kepada fakir miskin atau orang orang yang memang berhak untuk menerima, itu adalah wujud mengimplementasi Pancasila,” ujar Agus yudha.

Namun dirinya juga menyayangkan apabila masih adanya penerima yang sebenarnya  sudah tidak pantas menerima bantuan tersebut, masih juga mengharapkan bantuan dari pemerintah itu.

“Mestinya kalau seseorang yang sudah tergolong  katagori mampu dan telah menjadi keluarga mampu, harusnya memberikannya kepada warga yang memang berhak menerimanya,” ujar politisi PDIP asal Lumajang ini.

Selain itu, DPRD Jatim berjanji akan melakukan langkah – langkah untuk mendorong perbaikan data bagi warga masyarakat yang hari ini memang sudah mampu. Dia berharap agar berani memberikannya kepada yang tidak mampu.

“Itulah makna wawasan kebangsaan ini, supaya masyarakat kita memahami hak dan kewajiban sebagai warga Negara. Hal ini perlu disosialisasikan sejak dini di masyarakat, agar wawasan Kebangsaan dan bela Negara ini dapat terwujud dalam bingkai Negara Kasatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

 

Reporter ; Nizar/Anwar