Dankodiklatal Pimpin Rapat Penyusunan Usulan Kegiatan RKA-KL TA. 2023

Surabaya,Wartapos.id- Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jederal TNI Marinir Suhartono memimpin rapat penyusunan usulan kegiatan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Lembaga (RKA-KL) Kodiklatal TA. 2023 yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (30/3/2022).

Penyusunan rencana usulan RKA-KL Kodiklatal TA 2023 tersebut diikuti Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Ir Kodiklatal, Kapok Gadik dan para Direktur Kodiklatal, Komandan Kodikopsla, Komandan Kodikmar, Komandan Kodikdukum, para Komandan Puslat dan Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Kodiklatal.

RKA-KL merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan suatu Kementerian atau Lembaga dan sebagai penjabaran dari Rencana Kerja Kementerian atau Lembaga yang bersangkutan dalam satu tahun anggaran serta anggaran yang diperlukan.

Dalam rapat tersebut, Dankodiklatal antara lain menyampaikan bahwa usulan-usulan dari Komando Perndidikan (Kodik) – Kodik harus menentukan skala prioritas yang akan diusulkan terutama yang berkaitan dengan proses pendidikan mengingat Kodiklatal sebagai lembaga Kodiklatal.
“Kebutuhan untuk para siswa dalam proses pendidikan, harus menjadi prioritas pegusulan seperti sarana dan prasarana Alat Instruksi (Alins) dan Alat Penolong Instruksi (Alongins), mengingat sarana ini selalu dipergunakan para siswa sehingga keberadaannya alat ini harus diperhatikan, kalau sudah tidak layak segera diganti, sehingga keamanan anak didik siswa benar-benar terjamin,” Ujar Dankodiklatal.

Alins dan alogings menjadi prioritas mengingat keberadaan sarana dan prasarana ini turut mempengaruhi kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkan dalam proses pendidikan di Kodiklatal. Pemenuhan sarana prasarana Alins dan alogings yang memadahi ini dalam upaya membangun SDM TNI AL yang unggul, berkualitas dan profesional sebagai implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono nomor satu yakni, membangun SDM TNI AL yang unggul.

Disamping itu, Dankodiklatal menekankan kepada Kepala Satuan Kerja selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), harus memahami dengan baik tentang mekanisme perencanaan pegelolaan keuangan seperti kebutuhan belanja pegawai, belanja modal dan barang serta SIMAK BMN. Dalam penyusunan rencana tersebut membutuhkan dukungan dan inspirasi dari para Pejabat Utama Kodiklatal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyusunan rencana RKA-KL.

(GT)