Tradisi Pembaretan Kembali Dilaksanakan Satpol PP Kabupaten Bangkalan

Salah seorang peserta pembaretan sedang memandu anggota Satpol PP yang mengalungkan Ular Piton ditubuhnya. (Photo courtesy of wartapos)

BANGKALAN, Wartapos.id – Tradisi Pembaretan yang sempat dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangkalan pada tahun 2004 yang lalu, kembali dilaksanakan pada awal tahun 2021 ini. Sebanyak 11 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang ditempatkan di Satpol PP digembleng sejak beberapa hari yang lalu dan dilaksanakan pengukuhan atau malam Inagurasi pada Sabtu (16/01/2021) di Kantor Satpol PP, Jalan KH. Moh. Kholil Bangkalan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangkalan, Drs Irman Gunadi dalam sambutannya mengutarakan bahwa malam hari ini telah selesai melaksanakan pembinaan-pembinaan atau pengenalan Medan kepada teman-teman CPNS yang ditempatkan di Satpol PP.

Peserta pembaretan sedang berbaris pada malam Inagurasi. (Photo courtesy of wartapos)

Pak Gun, sapaan akrabnya juga menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas, karena Satpol PP merupakan instansi khusus yang mempunyai tugas-tugas khusus serta pakaian-pakaian yang khusus, maka diharapkan untuk dapat menunjukkan kedisiplinan, kebersamaan dan kekompakan karena satpol PP merupakan satu kesatuan dari masing-masing bidang, tidak bisa satu bidang bekerja sendiri, tetapi perlu bidang-bidang yang lain untuk melaksanakan tugas-tugas pokok di Satuan Polisi Pamong Praja.

“Saya harapkan kepada teman-teman untuk segera menyesuaikan diri, sambil bersosialisasi nantinya yang Insyaallah akan dimulai pada hari Senin, karena uniform belum siap, saya harapkan pada teman-teman untuk tetap berpakaian putih hitam dengan papan nama dan lencana Korpri.” Tuturnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangkalan, Drs. Irman Gunadi saat menyalakan api unggun. (Photo courtesy of wartapos)

Ditemui usai pelaksanaan malam Inagurasi, Irman Gunadi kepada wartapos mengutarakan bahwa di Satuan Polisi Pamong Praja ada tradisi korps yang dilaksanakan oleh Satpol PP sendiri.

“Track Koprs atau tradisi korps istilahnya memang ada di satpol PP dimana diharapkan kepada teman-teman yang masuk ke Satpol PP ini akan melalui dan mengikuti tradisi korps yang dilaksanakan se Indonesia.” Paparnya.

Menurutnya, “Untuk tahun ini Satuan Polisi Pamong Praja pada tahun ini mendapatkan 11 orang CPNS, satu orang ijin dalam kegiatan track Korps ini dan Insyaallah Senin akan kembali bergabung dengan teman-temannya kembali,” sambungnya.

Pak Gun mengakui ketangguhan dari CPNS yang baru bergabung tersebut, “Saya akui teman-teman CPNS yang masuk ke Satpol PP ini merupakan orang-orang yang tangguh, orang-orang yang disiplin yang kami lakukan sekitar seminggu lebih di satpol PP ini dan dilakukan pembinaan-pembinaan dan Alhasil tadi secara global itu cukup baik, kami sangat surprise sekali ternyata ada teman-teman CPNS ini yang senang dengan binatang-binatang liar. Alhamdulillah nanti bisa dimanfaatkan, karena selama ini di Damkar ini ada bagian penyelamatan yang selama ini banyak sekali laporan kepada kami seperti laporan ular masuk ke rumah, biawak masuk ke rumah itu yang dilakukan di satpol PP ini,” paparnya mengakhiri.

Pewarta : Ahsan
Editor : Samsul Hadi