Himbauan Kasat Lantas Polres Lumajang, Jelang Nataru Di Masa Pandemi

Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I Putu Angga Feriyana

Lumajang Wartapos.id – Jelang Natal dan Perhantian Tahun Baru (Nataru) Satuan lalulintas (Satlantas) Polres Lumajang mendirikan pos pantau untuk melakukan pengamanan. Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Putu Angga Feriyana, mengatakan, perintah dari Polda Jatim di Natal dan Tahun Baru prioritas utama terkait pencegahan Covid- 19.

“Operasi Lilin Semeru 2020 ini Polres Lumajang atas Perintah dari Polda Jatim masih memprioritaskan terkait dengan pencegahan penyebaran virus covid-19. Lebih di utamakan kegiatan-kegiatan seperti himbauan kemudian sosialisasi terkait dengan protokol kesehatan kemudian bakti sosial Gereja – gereja yang melaksanakan ibadah Natal,” Ujarnya, kamis (24/12/2020)

Sementara itu, guna mengantisipasi peningkatan arus lalulintas pihak Satlantas Polres Lumajang telah melakukan langkah-langkah agar Nataru berjalan dengan aman.

“Untuk pengamanan arus lalu lintas yang mana adanya libur panjang ini diprediksi akan terjadi pergerakan arus lalulintas yang mengalami peningkatan. Kita membuat pos pam yaitu di Wonorejo kemudian di Ranuyoso kemudian di Sukosari Jatiroto, Itu untuk pemantaian arus lalin kemudian mencegah terjadinya Lakalantas kemudian mempercepat apabila terjadi kemacetan Tim Urai bisa cepat bertindak untuk mengurai arus macet,” Jelasnya.

“Nanti juga kami, pada malam tahun baru melaksaakan patroli dan rencana alun-alun lumajang akan ditutup sehingga mencegah adanya kerumunan dan kegiatan-kegiatan lain yang menimbulkan dampak negatif di tahun baru,” Imbuh AKP Putu Angga.

Menghadapi musim hujan dan angin yang belakangan terjadi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD dan DLH melaksanakan beberapa kali pemotongan pohon yang rawan tumbang. Masyarakat pengguna jalan di ingatkan agar selalu berhati – hati dalam berkendara, mematuhi peraturan lalulintas. Apabila ada hujan, angin ataupun kondisi cuaca yang tidak baik disarankan untuk tidak bepergian.

“Kalaupun harus dipaksakan harus selalu berhati-hati dan mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan seperti jas hujan dan kendaraan yang aman dan lengkap,” Terangnya.

Lebih lanjut Kasat Lantas Polres Lumajang, menyampaikan jika pihaknya juga telah mengantisipasi mobilisasi masa yang hendak berlibur jelang libur nataru 2020 di beberapa objek wisata.

“Selain mengantisipasi lonjakan kendaraan, anggota juga nantinya bakal bersiaga untuk pengamanan situasi kamtibmas. Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak berpergian pada libur nataru. Pasalnya, selain ditengah pandemi covid-19 saat ini kondisi cuaca tengah dalam musim penghujan,” Ucapnya.

“Terkait dengan obyek wisata kami berkoordinasi dengan pihak pengelola untuk membatasi jumlah pengunjung. Baik di wisata pegunungan maupun wisata pantai, memastikan pengunjung mematuhi protokol kesehatan terutama penggunaan masker dan jaga jarak saya rasa itu imbuhnya,” Pungkasnya.

 

Reporter ; Nizar/Anwar