Pemkab Gelar FGD, Guna Mantabkan Pembangunan Unej Kampus Lumajang

FGD yang digelar Bappeda diruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang

Lumajang Wartapos.id – Bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Pemerintah Kabupaten Lumajang, melalui Bappeda Lumajang menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan pihak Universitas Jember, membahas tentang Feasibility Study (FS) dan master plan untuk pembangunan Unej Kampus Lumajang guna lebih memantapkan pembangunan Universitas Jember (Unej) Kampus Lumajang, Jumat (13/11/2020).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah BAPPEDA Kabupaten Lumajang, Retno Wulan Andari saat membuka FGD tersebut menyampaikan, acara tersebut merupakan tindak lanjut kesepakatan antara Bupati Dan Wakil Bupati Lumajang dengan Rektor University Jember (Unej) beberapa waktu lalu terkait pengembangan Universitas Jember Kampus Lumajang.

“Pada kesempatan kali ini, kami Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama dengan pihak Unej mendiskusikan untuk rencana pembangunan Kampus Universitas Jember di Kabupaten Lumajang,” Terangnya.

Lebih lanjut Retno menjelaskan pada tahap awal tentang FS dan master plan ini bertujuan untuk membahas teridentifikasinya bidang ilmu yang akan diselenggarakan, kebutuhan masyarakat akan tenaga ahli yang akan dihasilkan, berapa daya tampung mahasiswa, teridentifikasinya fasilitas penunjang pendidikan Universitas Jember Kampus Lumajang, dan tersusunnya skenario pembiayaan penyelenggaraan dalam pengembangan kampus.

“Kami berharap nantinya proses dalam pembangunan kampus tersebut bisa terlaksana dan terwujud ditahun 2021.” Imbuhnya

Sementara itu Wakil Rektor III Universitas Jember, Bambang Kuswandi menerangkan, hasil dari diskusi tersebut, bahwa diperkirakan pada tahun 2021 mendatang akan dimulai pembangunan Kampus itu dengan Lahan lebih dari 10 hektar yang lokasinya di wilayah Klakah, serta diprediksi akan rampung pada di tahun 2022, sehingga bisa langsung menjalankan aktivitas kuliah.

“Alhamdulillah, pada hari ini, kami telah berhasil membahas tentang pengembangan Kampus Unej yang akan ada di Lumajang tepatnya didaerah Klakah, dengan pihak Pemkab Lumajang, khususnya dengan Bappeda Lumajang Dan juga beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait,” Ujarnya.

Bambang Kuswandi menambahkan untuk Program Studi (Prodi) yang akan dijalankan pada Unej Kampus Lumajang, pihaknya merencakan melakukan Prodi yang sudah dilaksanakan saat ini di Unej dan akan dikembangkan lebih jauh lagi di Kampus Universitas Jember Lumajang.

“Semoga apa yang direncanakan mulai dari Feasibility Study yang sedang di proses dan juga pembuatan master plan, nantinya mendapatkan hasil yang akan membawa manfaat positif bagi masyarakat luas, bukan hanya untuk Kabupaten Lumajang dan masyarakat disekitarnya, akan tetapi manfaatnya juga dirasakan oleh masyarakat diluar Kota Lumajang,” Pungkanya.

 

Reporter ; Nizar/Anwar