Permudah Akses Pembelajaran Siswa Masa Pandemi, Dindik Launching PSB

Bupati Lumajang saat melaunching Program Sinau bareng di SMP 1 Kunir

Lumajang Wartapos.id – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melaunching Program Sinau Bareng (PSB) di SMP Negeri 1 Kunir, Kamis (12/11/2020).

Hal tersebut merupakan upaya mempermudah akses pembelajaran bagi siswa pada masa pandemi Covid-19. Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali meluncurkan program yang bertajuk “Sinau Bareng”.

Sinau Bareng merupakan kegiatan ajar-mengajar di masing-masing sekolah jenjang SD, SMP/MTs yang dilakukan secara tatap muka dengan tertib mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi program ini merupakan kelanjutan dari mekanisme pembelajaran yang ada saat ini, mulai daring, Guru Sambang dan sekarang Sinau Bareng,” ujarnya

Bupati juga menjelaskan, bahwa pemerintah telah mengatur Standart Operasional Prosedur (SOP) untuk mencegah penularan Covid-19 selama pelaksanaan Sinau Bareng berlangsung.

SOP itu, di antaranya yakni membatasi sekitar 25% dari 100% keseluruhan siswa yang masuk kelas, kemudian menjaga sirkulasi udara tetap bagus serta para pelaksana kegiatan diwajibkan menjalankan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker serta mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk kelas.

Drs Agus Salim M.pd Kepala Dinas Pendidikan Lumajang

Namun, kegiatan ini dianjurkan dilaksanakan di masing-masing wilayah yang pengendalian coronanya dinilai bagus, baik di tingkat desa maupun kecamatan.

“Jadi nanti zonasinya berbasis desa dan kecamatan, kalau wilayah yang zonasinya kategori merah tentu tidak diperkenankan menjalankan Program Sinau Bareng, kalau desa itu pengendalian Coronanya bagus, tentu Program Sinau Bareng ini bisa dilaksanakan dan dijalankan,” Terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Drs Agus Salim M.pd membenarkan bahwa hari ini (kamis 12/11/2020) Pemkab Lumajang melaunching program sinau bareng (PSB).

“Tadi oleh beliau pak Bupati sudah dilaunching di empat sekolah, terakhir di SMP Kunir 1, dalam launching tersebut pak Bupati menjelaskan secara gamblang program sinau bareng ini adalah program lanjutan dari guru sambang yang sudah berjalan sampai hari ini,” Jelasnya.

“Program sinau bareng ini adalah melayani publik masyarakat luas yang sebagian kepingin sekolah kembali, dan ini merupakan mekanisme yang harus ditempuh agar sesuai dengan harapan publik,” Tambah Agus.

Agus Salim menjelaskan bahwa program sinau bareng ini semua SOP sudah diatur dalam buku panduan yang tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Reporter ; Nizar/Anwar