Peduli Pedagang, Bambang Haryo Blusukan ke Pasar Sepanjang

Bambang Haryo Soekartono berinteraksi dengan pedagang di pasar Sepanjang

Sidoarjo, Wartapos.id – Bakal calon Bupati Sidoarjo Bambang Haryo Sukartono (BHS) terus memperhatian nasib masyarakat. Terutama masyarakat kalangan menengah kebawah menjadi atensi khusus bagi BHS itu.

Sehingga, tak kenal maka tak sayang, sosok tokoh yang peduli terhadap pedagang ini. Keluar masuk pasar, menjadi aktivitasnya untuk menjaring keluh kesah dari para pedagang mengais rejeki dari usahanya.

Bambang Haryo Sukartono (BHS) ketika melakukan blusukan di pasar Sepanjang berbincang-bincang dengan para pedagang

Hal itu terungkap saat BHS melakukan kunjungan ke pasar tradisional Sepanjang, Sidoarjo. Bambang Haryo menuju kantor PD pasar untuk melihat dan bertanya langsung mengenai kelengkapan alat pemadam kebakaran.

Pada tatap muka itu, Kepala pasar Darmo S pun berkeluh kesah dengan alat yangbtersedia,  seperti tabung alat pemadam sudah ekspayet (Tidak layak guna). ” Lho ini berbahaya harus normal apalagi untuk Damkar yang notot bone bila menuju pasar sepanjang. Bila ada kebakaran satu jam dari Wiyung Surabaya,” ujar Cagub yang kerap disapa BHS itu.

Mirisnya kondisi itu, Bambang sanggup untuk menempatkan mobil Damkar  di stasiun dan perbaikan stasiun Sepanjang untuk kereta api harusnya bisa menurunkan penumpang baik kelas ekonomi maupun eksekutif. Selanjutnya BHS pun blusukan ke pasar, banyak dari pedagang curhat mengenai kondisi pasar saat ini.

Curhatan itu, datang dari salah satu pedagang Sugiani sehari-harinya berjualan ayam itu merasa ada penurunan omset penjualan karena di depan pintu masuk ada portal. Sehingga menghambat keluar masuknya kendaraan, namun BHS tetap membeli ayam 2 kilo untuk salam kenal, ada juga keluhan pedagang mengenai biaya stan yang baru di bangun karena terlalu mahal bilang pedagang.

Terakhir sebelum mengakhiri blusukannya BHS mampir di pembuangan sampah akhir pasar, BHS memuji kebersihan sampahnya di bandingkan dengan pasar se Sidoarjo yang  pernah di singgahinya. Namun, tetap keluhan mengenai sampah masyarakat setempat yang tiap pagi di titipkan ke pasar.

Bukan Bambang Haryo namanya kalau tidak memberikan solusi, dan memberi semangat pekerja kebersihan pasar. Bila atas ridho Allah, amanah dipercaya kepadanya untuk memimpin Sidoarjo 2020 –  2025, BHS berjanji surprise akan di adakan lomba kebersihan pasar se kabupaten Sidoarjo dengan hadiah umroh.

Di akhir blusukannya ke pasar, BHS mampir dan istirahat sejenak sambil menikmati kopi dengan relawannya. “Kopinya enak Insyah Allah dan doakan ya pak, saya mampir lagi bila sudah di lantik jadi bupati dan saya proritaskan  pasar dan UMKM,” janji Bambang Haryo ini kepada warga.

Reporter : Arif Hidayat/ Sandra