AKBP Rama, Terjun langsung Padamkan Kebakaran Lahan

BANGKALAN, Wartapos.id – Musim kemarau yang belum menandakan kapan akan berakhir, menjadi salah satu faktor sulitnya memadamkan kebakaran lahan. Jum’at (18/10/2019) siang setelah usai pelaksanaan sholat Jum’at, Sebuah lahan kosong, yang terletak di sebelah Gudang Bulog, jalan Halim Perdanakusuma, Ring Road Timur, Bangkalan terlihat terbakar. Api yang tidak diketahui asalnya membakar semak-semak kering di lahan kosong tersebut. Akibatnya, pengguna Jalan terhalang oleh tebalnya asap akibat terbakarnya lahan kosong tersebut.

“Tadi diperkirakan sekitar pukul 13.00 WIB, karena musim kering, dimana mana tempat yang ada semak belukarnya rawan terjadi kebakaran, tadi diketahui api muncul sehingga kami dari Polres dibantu dengan instansi terkait, ada Damkar, bersama PDAM, bersama- sama untuk melakukan upaya pemadaman,” Tutur Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra SIK MH MSi, disela – sela kesibukannya yang terjun langsung memimpin upaya pemadaman kebakaran tersebut.

Rama menerangkan bahwa di lahan kosong tersebut masih dilakukan upaya pemadaman di beberapa titik,”Dari total 3 hektar ini dapat diketahui tadi dari Drone, sekitar seperempat area sudah terbakar. Tinggal beberapa titik yang masih dilakukan upaya pemadaman,” terangnya.

Saat ditanyakan kemungkinan terkait penyebab kebakaran tersebut, Rama menyampaikan kepada awak media bahwa akan dilakukan pendalaman,”Iya nanti kita lakukan pendalaman lagi ya…” ujarnya.

Dalam upaya pemadaman tersebut, Polres Bangkalan melibatkan personel dari berbagai kesatuan, dibantu oleh Mobil Water Cannon (MWC), Truk Tangki dari PDAM Bangkalan dan Satuan Pemadam kebakaran Pemerintah Kabupaten Bangkalan. (San)