Koi Lumajang Sabet Juara Umum Dan Raih Piala Presiden Dalam Kontes “Blitar Koi Show”

Perwakilan Lumajang saat sabet piala Presiden di Blitar koi Show
Lumajang Wartapos.id – Perwakilan dari Lumajang yang mengikuti kontes ikan hias jenis koi di Blitar Jawa Timur yang dikemas dalam “Blitar koi Show” di gelar 16 – 18 November 2018 yang lalu, menyabet gelar juara umum sekaligus menggondol Piala Presiden.
Dinas Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Lumajang melalui Kepala Bidang Budidaya Perikanan Nurman Riyadi yang kami temui di ruang kerjanya, jum’at (07/12/2018) membenarkan bahwa perwakilan Lumajang yang mengikuti kontes ikan hias jenis koi di Blitar beberapa waktu yang lalu telah meraih Piala Presiden dan itu merupakan hasil binaannya.
“Kita melakukan pembinaan sudah 2 tahun yang lalu dan tahun ini merupakan puncaknya, jadi temen – temen binaan kita di Lumajang ini sudah pernah mengikuti beberapa event, pernah ikut di Batu, Pasuruan dan Banyuwangi juga menyabet juara dan terakhir kemarin di Blitar menyabet juara umum Piala Presiden”. Ungkap Nurman
Lebih jauh Nurman menjelaskan bahwa di Lumajang untuk ikan hias merupakan komoditi yang baru kita perkenalkan kemasyarakat karena sebelumnya hanya di ikan konsumsi, karena melihat perkembangan dan potensi yang ada kita mulai bergerak di ikan hias.
“Potensi perikanan di Lumajang terutama air nya, Kualitasnya masih di atas kabupaten lain, seperti Blitar yang terkenal dengan koi nya tapi kualitas sumber airnya masih kalah dengan Lumajang, ini yang memacu kita untuk mengembangkan ikan hias di Kabupaten Lumajang”. Tuturnya
Nurman menambahkan bahwa selama ini pihaknya hanya melakukan pembinaan dan pendampingan tentang bagaimana cara berbudidaya ikan koi yang baik dan pihaknya berjanji kedepan akan terus mensuport.
“Selama ini kita hanya melakukan pembinaan dan pendampingan kepada temen – temen komunitas koi yang ada di Lumajang tentang bagaimana cara berbudidaya ikan koi yang baik dan tahun depan kita akan mencoba memberikan sentuhan berupa bantuan induk ikan koi” Pungkas Nurman (nzr/war)