Ket foto: Slamet Adijawanto saat terima tropi penghargaan atas kuda yang di usungnya
Lumajang Wartapos.id

Latihan bersama (latber) Pacuan kuda se Jawa Timur diselengggarakan didesa Petahunan Kecamatan Sumbersuko minggu (15/04), kegiatan ini merupakan rangkaian event yang dilaksanakan guna menyambut Pacuan Kuda tingkat Nasional yang akan diselenggarakan berikutnya di daerah Coban Joyo, Kejayan Pasuruan.

Dari pantauan media ini ada sekitar 76 ekor kuda yang ikut serta dalam Latber ini yang berasal dari seluruh penjuru daerah yang ada di Jawa Timur Khususnya Lumajang, Jember, Probolinggo Malang dan Pasuruan.
H. Arip selaku ketua panitia Latber ini menyampaikan bahwa kegiatan Latber ini dilaksanakan guna menyambut even berikutnya yang berlevel Nasional,
“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangkan latihan bersama dan nantinya kuda yang meraih tropi akan kita bawa ke event Nasional di Cuban Joyo Pasuruan”. Ucapnya.
Lebih jauh H. Arip menjelaskan bahwa “dalam latber kali ini ada 76 ekor kuda ikut latihan yang dibagi dari beberapa kelas diantaranya  kelas extra, kelas poni D, poni E, poni F, Sandel A, Sandel B, Sandel C, Sandel D, mini A dan Mini B, yang disenggarakan sehari saja”. Ungkapnya.
H.Arip berharap kegiatan ini mampu menghidupkan pecinta – pecinta kuda yang ada di daerah Lumajang dan mampu memberikan yang terbaik di event Nasional.
Ket foto: Kades Petaunan “Sanan” bersama Slamet Adijawanto
Sementara itu Sanan selaku Kepala Desa Petahunan Kecamatan Sumbersuko menyampaikan bahwa pihaknya hanya sebatas ketempatan saja tidak ikut campur dalam urusan kepanitiaan dan yang terpenting kegiatan ini tidak ada muatan politik murni event pacuan kuda.
“Pihak kami hanya menyediakan tempat dan tidak ikut campur urusan kepanitiaan dan event ini murni pacuan kuda tidak ada unsur atau muatan politiknya”. Terang Sanan.
Salah satu peserta Latber Slamet Adijawanto warga Desa Banjarwaru yang merupakan putra asal Petahunan merasa bangga karena latber ini berjalan lancar serta kuda yang di ikut sertakan atas nama DESTA dalam latber kali ini meraih tropi walaupun hanya di peringkat kedua.
“Saya senang event ini berjalan lancar walaupun kuda yang saya ikutkan peringkat kedua, saya berharap kegiatan ini bisa memicu peminat dan pecinta kuda supaya bisa meraih nama ditingkat Nasional”. Harapnya (Nzr/War)