Pastikan Layak Untuk Hewan Kurban, Babinsa Koramil 0830/06 Benowo Bersama Petugas Cek Kesehatan 

Surabaya Wartapos.id— Babinsa Koramil 0830/06 Benowo Serda Ambar melakukan pendampingan petugas kesehatan dari Satgas Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) melaksanakan pengecekan hewan ternak dibeberapa lapak-lapak hewan kurban yang ada diwilayah Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo, Senin (10/6).

Hadir petugas pelaksana dilapangan, Kasitrantib Kecamatan Benowo, Babinsa Kelurahan Sememi, DKPP Kota Surabaya, Satgas PMK Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Satpol Kecamatan Benowo dan Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS).

Serda Ambar saat ikuti kegiatan mengatakan, bahwa pemeriksaan hewan yang dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit pada hewan.

“Ini merupakan wujud monitoring terhadap kesehatan hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba di wilayah sememi khususnya dengan turun langsung memantau kesehatan hewan,” katanya.

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang diperjualbelikan dan aman sebagai hewan kurban.”imbuhnya.

Lanjutnya, Ia mengajak para peternak untuk tetap semangat dalam melaksanakan perawatan dan kebersihan lingkungan tempat hewan ternak agar terhindar dari penyakit PMK, tentunya dengan memberikan sumber makanan masih segar dan sehat yaitu dengan pakan rumput atau daun daunan dari jenis tertentu” ujarnya.

Kepada penjual hewan ternak yang ada dilapak-lapak agar selalu menjaga kebersihan diseputaran lingkungan dikarenakan juga masih tidak jauh dengan area pemukiman warga, untuk itu harus dibersihkan setiap hari agar tidak menimbulkan bau yang dapat menganggu kenyamanan warga sekitar,” tutupnya. Oni