Pemdes Kawistolegi kembangkan edukasi wisata bersama pokdarwis

 

Lamongan, Wartapos.id – Pemerintah Desa Kawistolegi, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim) mengembangkan Kawasan Ekonomi Desa berupa wisata desa yang berada di sebuah Bantaran Air Sungai, yang diberi nama (BCK) Bengawan Cinta Kawistolegi.

Adanya pembagunan edukasi wisata tersebut guna meningkatkan perekonomian masyarakat Desa selain bertani juga untuk mengembangkan perputaran (Usaha Mikro Kecil Menengah) UMKM yang berada di Desa Kawistolegi.

Hal tersebut disampaikan oleh Muhadji kepada awak media di tempat kerjanya kantor desa Kawistolegi. Jum’ at, (09/02/2024)

“Bengawan Cinta Kawistolegi yang rencananya akan menjadi pusat aktivitas warga khususnya untuk berwisata dengan dilengkapi sedikitnya 3 gazebo, gadan perahu, guna mengitari waduk termasuk ada 10 warung termasuk Warkop BUMDES Desa Kawistolegi dan pada 27 Januari 2024 kemarin di laksanakan senam sehat dan peresmian Musholla oleh Anggota DPR RI Komisi X Prof. Dr. Zainudin Maliki, M.,Si,” ungkap kepala Desa Kawistolegi Muhadji.

Lanjut Muhadji, “Dengan adanya Bengawan Cinta Kawisto yang dikelola Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kawistolegi ini semoga untuk kedepannya menjadi Kawasan Edukasi Wisata favorit secara umum, mulai dari anak anak, remaja dan orang dewasa yang tentunya guna meningkatkan Ekonomi Desa Kawistolegi,” harapnya.

Selain itu, Muhadji menyatakan, nilai investasi awal pengembangan berasal dari bantuan keuangan Pemerintah Kabupaten Lamongan dan digunakan untuk menata dan membangun Kawasan Edukasi wisata dan pengadaan gazebo termasuk membangun 10 stand warung serta membangun taman.

“Pemdes Kawistolegi tengah mencoba untuk mendesain site plain Kawasan wisata
Ini secara keseluruhan sehingga 3 lahan bisa cukup untuk pengembangan wisata berbasis alam tersebut”.

“Yang jelas pengembangan wisata ini bertujuan menambah daya Tarik Wisata Bengawan Cinta Kawisto serta membuat perputaran ekonomi di wilayahnya,” pungkasnya.

Dari Salah satu warga yang sedang berjualan dilokasi wisata Bengawan cinta kawistolegi, penjual dawet cinta salah satunya saat diwawancarai oleh media Wartapos mengenai wisata Bengawan cinta kawistolegi mengatakan sangat senang dengan adanya wisata ini,karena bisah menambah pemasukan bagi semua orang yang sedang berjualan dilokasi wisata Bengawan cinta kawistolegi tuturnya (Day)