Pendidikan Adab Dan Akhlak Sejak Dini, Bunda PAUD Pentingnya Karakter Ini Berkesimbungan Untuk Kedepannya

 

Sidoarjo, Wartapos.id – Pembelajaran dalam membentuk karakter sebuah Akhlak dan Adab, dalam membentuk rasa di dalam jiwa anak di usia dini, sanbatlah penting dan urgent. Karena ada beberapa yang viral aksi berani seoarang siswa kepada Guru maupun petugas, adalah sebuah fenomena yang harus di perbaiki dan perlu ada perhatian serius. Melalui bunda PAUD Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’ada Ahmad Muhdlor, S.Hum atau yang akrab disapa dengan Ning Sasha melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di beberapa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di Kabupaten Sidoarjo, Senin 19/12/2022. Diantaranya PAUD Sedap Malam yang ada di Kelurahan Lemah Putro, PAUD Villa Jasmine 3 yang ada di Desa Suko dan PAUD Siti Fatimah berada di Perum Wisma Sarinadi. Dalam Monev nya kali ini Ning Sasha didampingi oleh pengurus Pokja PAUD Sudarwati Tirto serta beberapa pengurus dari kecamatan.

Dalam Monev tersebut Ning Sasha melihat secara langsung proses pembelajaran masing-masing PAUD yang dikunjunginya. Ia juga secara langsung berinteraksi dengan anak-anak, menari dan membuat kerajinan tangan bersama anak-anak PAUD. Dari ketiga PAUD yang menjadi jujugan kegiatan Monev ini rata-rata memiliki jumlah murid kurang lebih 20 sampai 30 orang anak.

Selain berinteraksi secara langsung bersama anak-anak, Ning sasha juga berdialog dengan pengelolah dan guru PAUD. Ia menghimbau agar benar-benar menekankan pendidikan karakter kepada anak didik PAUD. Menurutnya dengan penekanan pada pendidikan karakter akan membentuk pribadi anak yang santun yang akan dibawa selamanya sampai dewasa. Pendidikan karakter tersebut ucap Ning Sasha dapat dilakukan melalui metode bercerita serta memberikan contoh langsung lewat sikap yang baik dari para guru. Sikap tersebut dapat dicontohkan bagaimana bergaul dengan teman, guru dan juga orang tua.

“Kita bisa bercerita dengan bahasa-bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti anak-anak walaupun dilakukan secara-berulang, itu tidak apa-apa, bagaimana kita mengajarkan pada anak-anak untuk selalu mengucapkan terima kasih dan meminta tolong serta meminta maaf jika melakukan kesalahan, selain itu juga di tekankan pada anak-anak mana yang baik dan mana suatu yang tidak baik atau buruk agar tertanam adab-adab yang baik sejak dini,” ucap istri Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor itu.

Pada kesempatan tersebut Ning Sasha juga memberikan PR kepada guru PAUD untuk mengajarkan kepada anak-anak cara bertamu yang baik. Contoh bagaimana jika bertamu kerumah orang lain dan apa yang harus dilakukan saat bertamu. Contoh itu akan mengajarkan anak-anak mengerti mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan saat bertamu.

“Kegiatan pembelajaran ini bisa divideokan kemudian dikirim ke kami agar nanti bisa dijadikan percontohan bagi pendidikan PAUD yang lain, dan setelah pembelajaran ini  kemudian orang tua bisa memvideokan kembali jika anak-anak bisa menerapkan secara mandiri dan bila ada perubahan-perubahan bagi anak-anak,” pinta Ning Sasha. ( rif/ Yu/git )