RSD Nganjuk Luncurkan Dua Inovasi Layanan Berbasis Online, Sempol Ajam dan Siantaro

 

Nganjuk, Wartapos.id – Baru-baru ini RSD Nganjuk meluncurkan dua program inovasi layanan yaitu pendaftaran online atau Sempol Ajam (Sistem Pendaftaran dan Anjungan Mandiri) dan layanan Siantaro (Sistem Antar Obat). Kedua layanan berbasis online ini merupakan salah satu program terbaru dari RSD Nganjuk. Dimana salah satu fungsinya adalah untuk mempermudah meningkatkan kesinambungan dari RS ke Pasien. Sehingga pasien sudah tidak perlu antri lagi, untuk melakukan pendaftaran online maupun menunggu antrian farmasi setelah dilakukan tindakan pelayanan di poli klinik.

Perlu diketahui bahwa kedua layanan ini sudah dirilis dan dicoba dari bulan Agustus 2022. Dan layanan pendaftaran online ini sudah bisa diakses melalui link rsud.nganjukkab.go.id . Bahwa ada terobosan terbaru yang diberikan RS kepada masyarakat yang belum pernah mendaftar atau belum memiliki rekam medis di RSD Nganjuk. Yaitu bisa dengan melakukan pendaftaran lewat Watshap 0812 3412 1119. ” Layanan online ini bisa digunakan jika pasien sudah mempunyai rekam medis di RSD Nganjuk. Dengan masuk menggunakan nomor RM dan NIK pasien. Syarat pendaftaran online harus sudah mempunyai rekam medis ( RM ) dan NIK, Sementara untuk masyarakat di luar Nganjuk juga bisa ikut mendaftar ” .

Direktur RSD Nganjuk dr. Tien Farida Yani, M.MRS melalui costumer servis pendaftaran online Kohimul Hidayat menjelaskan, RSD Nganjuk telah meluncurkan dua program pendaftaran secara online melalui Sempol Ajam ( sistem pendaftaran dan anjungan mandiri ) dan layanan Siantaro ( sintem antar obat sampai rumah). Cara pendaftaran Sempol Ajam secara online bisa melalui websitenya RSD Nganjuk di google croom RSD Nganjuk atau bisa scan barcode yang ada di ruang loby RSD Nganjuk. Caranya dengan masuk di nomor rekam medis nomor yang sudah terdaftar di RSD Nganjuk, setelah itu masukkan nomor NIK, lalu klik pendaftaran pilih menu , pilih cek jadwal, pilih poliklinik yang dituju, pilih dokter sesuai jadwal, terus simpan nanti akan muncul notifikasi sudah terdaftar, dan pasien sudah mempunyai nomor antrian jadi pasien tingggal ke petugas pendaftaran membawa berkasnya tidak perlu nomor antrian lagi tinggal menunjukkan berkas yang sudah terverifikasi. Pendaftaran Sempol Ajam dan Siantaro ini tidak untuk pasien BPJS saja, namun juga untuk pasien umum, ” tuturnya “.

” Sementara layanan Siantaro ( sistem antar obat sampai rumah ) yang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia jadi pasien tidak perlu antri lama di depan apotik sampai ber jam – jam, obat itu membutuhkan ketepatan , ketelitian, kejelian jadi perlu waktu. mensiasati pasien biar tidak antri di depan apotik, maka RSD Nganjuk bekerja sama dengan PT Pos Indonesia obat tinggal tunggu dirumah pasien tidak perlu mengantri obat di depan apotik. Setelah pasien mendapatkan resep dari dokter langsung datang ke apotik atau farmasi di situ di tanya oleh petugas , obat ini di tunggu di apotik atau di tunggu di rumah, kalau di tunggu di rumah nanti akan di arahkan ke loket Pos . Perlu di ketahui untuk biaya Siantaro di seluruh kabupaten Nganjuk hanya 10.000 meskipun sampai kecamatan Sawahan dan kecamatan jatikalen. Estimasinya akan di usahakan pukul 17.00 wib obat sudah sampai pasien, dan dua layanan ini sebenarnya sudah di laksanakan di akhir 2017, jelasnya ” .

Harapan nya dengan adanya dua layanan Sempol Ajam ( sistem pendaftaran dan anjungan mandiri ) dan layanan Siantaro ( sistem antar obat sampai rumah ) masyarakat di kabupaten Nganjuk akan semakin mudah mendapatkan pelayanan, jadi pasien tidak perlu antri lama, dan masyarakat bisa mendaftar jauh jauh hari, masyarakat tidak perlu mengantri lagi . Pasien akan lebih di mudahkan lagi apalagi musim penghujan seperti ini , pasien tingggal nunggu obat di rumah saja. Pelayanan RSD Nganjuk akan semakin berkembang , pelayanan semakin kita tingkatkan demi kepuasan para pelanggan dan pasien di seluruh kabupaten Nganjuk dan sekitarnya, ” pungkasnya ” . (Hms rsd / Uzi )