Silaturrohim Alumni IAA Lubtara Support Kemajuan Pondok

Jember Wartapos.id – Ikatan Alumni Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Utara (IAA Lubtara/ Nirmala), Guluk-Guluk Sumenep Madura yang ada wilayah tapal kuda Jawa Timur, menggelar acara “Temu Kangen dan maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H”, di kediaman Kiai As’ad Silo Jember, pada Jum’at (7/10/2022).

Acara ini dihadiri oleh KH. Afif Hasan dan KH. Naqieb Hasan (Pengasuh Ponpes Annuqayah Guluk-guluk Sumenep).

Ada beberapa poin penting yang disampaikan KH. Afif Hasan dalam tausiyah dan nasihatnya, antara lain : pertama, apapun profesi alumni harus bermanfaat bagi orang lain atau masyarakat lingkungan sekitarnya.

Kedua, ulumni harus kembali ke nilai-nilai pesantren (kitab pegangan yang diajarkan) saat berada di Pondok Pesantren Annuqayah.

“Ketiga, apapun organisasinya jangan mudah menyalahkan yang lain”, tuturnya dengan mimik serius.

Keempat, alumni harus senang dan menyempatkan hadir ke pondok untuk melihat perkembangan yang ada serta bersilaturrohmi dengan pengasuh tanpa berpikir cabisan.

“Silaturrahmi saja pengasuh senang. Je’ berreh. Je’ ngambul ta’ abelih pole (jangan ngambek. jangan jera)”, pintanya.

Sementara itu, Ketua IAA Lubtara/ Nirmala, Abdul Rouf, dalam sambutannya, menyampaikan, ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Karena selama kurang lebih 3 tahun ada covid-19, maka pertemuan rutin baru bisa diadakan kembali tahun ini.

“Temu alumni kita adakan minimal setahun sekali”, ujarnya. Dia menuturkan, ini pertemuan para alumni IAA/ Nirmala setapal kuda sebagai ajang silaturahim dan koordinasi.

“Di samping juga untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan kontribusi kepada pondok kita”, imbuhnya.

Di tempat yang sama, Sudahri, Sekretari IAA Lubtara/ Nirmala, menyampaikan, agenda rutin ini mestinya diadakan setiap tahun. Namun, karena kasus covid-19 maka pertemuan ditunda selama beberapa tahun.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa menggelar kembali pertemuan rutin. Meskipun tidak semua alumni hadir karena berbagai halangan yang tidak bisa mereka tinggalkan”, ungkapnya.

Dia berharap pertemuan berikutnya seluruh alumni Lubtara/ Nirmala bisa kompak hadir. “Mudah-mudahan kawan-kawan alumni diberikan kelonggaran dan kemudahan untuk bisa menghadiri acara tahunan yang kita gelar rutin”, tukasnya.

Annasun Kholis, Ketua IAA Lubtara Pusat, mengucapkan terima kasih atas kekompakan dan kepedulian alumni terhadap Pondok Pesantren Annuqayah selama ini.

“Lubtara, pondok pesantren yang pernah kita tempati terus berbenah, termasuk pembenahan fisik. Kami, pengurus IAA Lubtara bersama panitia pembangunan saat ini lagi fokus pada pembangunan lantai dua. Silahkan kawan-kawan IAA Lubtara/ Nirmala yang mau berpartisipasi”, ujar Kak Annas, panggilan karibnya.

Acara berlangsung mulai pukul 13.00 hingga sore hari. Usai acara seremonial dilanjutkan dengan ramah tamah dan diskusi agenda IAA Lubtara/ Nirmala kedepan.

 

Reporter ; Nizar/Totok