AKBP Buher Membuka Kejuaraan Pencak Silat Remaja Kapolresta Malang Kota CupTahun 2021.

MALANG Wartapos.id – Dengan menggandeng IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kota serta beberapa perguruan silat yang ada di Kota Malang, Polresta Malang menggelar kejuaraan Pencak Silat memperebutkan piala Kapolresta Malang Kota Cup 2021, pada Senin (22/11/2021).

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto dalam sambutannya saat membuka kejuaraan Pencak Silat mengatakan kejuaraan ini digelar dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar perguruan silat di Kota Malang.

Selain itu kata Perwira Menengah Polri yang tak pernah meninggalkan lukisan ayam jago dimanapun bertugas ini,kejuaraan Pencak silat digelar juga untuk menjaring bakat potensial atlet Silat usia remaja Kota Malang.

“Pendekar pencak silat merupakan para ksatria yang dahulu turut serta dalam merebut kemerdekaan RI, pencak silat tidak hanya pelindung diri, namun juga sebagai pemersatu bangsa, untuk menjaga kedaulatan NKRI,”ungkap AKBP Budi Hermanto di Aula Sanika Satyawada,Polresta Malang Kota.

AKBP Budi Hermanto menambahkanTujuan kegiatan ini selain untuk mempererat keakraban dan menjaga kondusifitas Kota Malang juga sebagai penyaluran energi positif bagi para pendekar silat yang ada di kota Malang.

“Nantinya para pemenang akan mewakili kota malang dalam rangka turnamen pencak silat piala Kapolda Jatim yang akan di selenggarakan dalam waktu dekat,”tambah AKBP Budi Hermanto.

Kejuaraan Pencak Silat Remaja Kapolres Kota Malang Cup Tahun 2021 diikuti sekitar 36 peserta perwakilan dari 12 Perguruan Silat yang ada di Kota Malang.

Pelaksanaan seleksi tanggal 22-23 November, memperebutkan juara pada 4 kelas putra dan putri, menggunakan peraturan Munas IPSI 2012, sistem gugur tunggal.

“Saya mengucapkan Selamat bertanding dan tetap menjunjung tinggi sportifitas, ” pungkas Akbp Buher.

Untuk diketahui, di wilayah hukum Polresta Malang Kota, masing-masing peserta turnamen mewakili 11 Perguruan Pencak Silat yang ikut dalam KAPOLRES CUP 2021 yakni Tapak Suci (2 pesilat),Pagar Nusa (3 pesilat), Perisai Putih (3 pesilat),Merpati Putih (3 pesilat),Pamur (3 pesilatl),PSHT (2 pesilat), PSH Winongo (2 pesilat),PSH Pilang Bango (6 pesilat),Perisai Diri (5 pesilat), Nur Harias (6 pesilat),Persinas Asad (1 pesilat).

Persyaratan peserta, usia mininimal 14 tahun maksimal 17 tahun, untuk mencegah kecurangan usia, maka peseta wajib menunjukkan foto copy Akte kelahiran, Kartu Pelajar, Ijazah Terakhir, Kartu Keluarga serta surat rekomendasi dari Sekolah dan Perguruan saat melaksanakan pendaftaran.

Reporter : BERTUS