Camat Sumberasih Melaksanakan Rakor Tahapan pelaksanaan Pilkades Tahun 2022

Probolinggo, Wartapos.id – Rapat kordinasi Tahapan pelaksanaan Pilkades serentak tahap 2 yang diikuti oleh jajaran muspika Sumberasih Kabupaten Probolinggo dan seluruh PJ kepala desa kecamatan sumberasih.

Pelaksanaan pilkades serentak di 253 desa Se Kabupaten Probolinggo pada 24 kecamatan dilaksanakan sesuai Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pedoman, Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa dan Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 58 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 1 Tahun 2021. Sabtu (23/10/21)

Dalam Kegiatan Rakor tersebut Di pimpin Langsung Oleh Camat Sumberasih. Wiwit Suryaningsih S.STP, MM., Sekcam Sumberasih. Rina Damayanti S.STP, M.A.P. Dan Di hadiri Danramil 0820/06 Sumberasih. Yang diwakili Bati Komsos Peltu Supriyanto, Kapolsek Sumberasih, Iptu Suyanto SH. Bersama Kapolsek Sumberasih yang Baru. Iptu Agus Santuso, Dinas PMD. Mohammad Idris, Seluruh PJ kepala desa Sekecamatan sumberasih Serta undangan lainnya.

Seperti yang ada Di wilayah kecamatan sumberasih. Ada 9 Desa yaitu, Desa Muneng Kidul, desa Laweyan, Pohsangit Leres, Desa Jangur, Desa Sumurmati, Desa Mentor, Desa Sumberbendo, Desa Lemah Kembar Dan Desa Gili Ketapang. Yang ikut Pilkades Serentak Tahap 2. Jatuh pada tanggal 17 Februari tahun 2022 yang akan datang.

Pelaksanaan pilkades serentak di 253 desa pada tahapan persiapan yang ada terdapat pembentukan panitia kabupaten segera disahkan bersamaan dengan terbitnya penetapan desa pilkades.

“Kecukupan berkas yang dilengkapi sebagian pendaftar calon kepala desa dapatnya menjadi perhatian semua pihak. Masa klarifikasi dan penelitian berkas selama 40 hari kerja agar instansi terkait memaksimalkan pelayanan dan penelitian hasil verifikasi dan validasi.

Untuk mendukung pelaksanaan tugas pilkades serentak Kabupaten Probolinggo di 253 desa pada 24 kecamatan telah terbentuk kepanitiaan dengan penerapan ketat protokol kesehatan di setiap tahapan pilkades.

“Kegiatan monev dan pemantapan dilakukan terhadap simulasi tentang tahapan pendaftaran bakal calon dengan penerapan protokol kesehatan, aman Covid-19 dan penerapan 5M serta pemantapan terhadap tekhnis pelaksanaan.

Reporter : Yuris/Sayful

Editor : Samsul Hadi