DPRD Nganjuk Gelar Paripurna bersama Plt Bupati tentang  PAPBD TA 2021

Nganjuk, Wartapos.id –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nganjuk menggelar rapat paripurna bersama Plt. Bupati Nganjuk, Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., M.M., MBA., Kamis (7/10/2021), bertempat di Ruang paripurna  DPRD Kabupaten Nganjuk.

Dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, mengheningkan cipta. agenda rapat tersebut terkait penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Nganjuk Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nganjuk dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2021. Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua 1 DPRD Kab Nganjuk, H Ulum Basthomi, S.Ag, M.Si , turut dihadiri Ketua DPRD Kab Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono bersama Plt. Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi serta Wakil Ketua 3 DPRD Kab. Nganjuk, Jianto dan undangan lainnya. Sementara anggota DPRD Kab. Nganjuk yang lain mengikuti rapat paripurna secara virtual.

Plt. Bupati Nganjuk dalam sambutannya menegaskan bahwa dalam proses penyusunan rancangan perubahan APBD tahun 2021 ini cukup kompleks karena harus menyesuaikan dengan berbagai perubahan regulasi peraturan dalam rangka mendukung penanganan pandemi covid 19 dilakukan penyesuaian Penerimaan dan belanja sesuai dengan yang di tetapkan pemerintah dimana alokasi dana (  DAU ) yang di terima oleh kabupaten Nganjuk berkurang sebesar 3,2 persen dan dukungan pendanaan penanganan covid 19 di tetapkan paling dikit 8 persen dari alokasi DAU sebagai di amanatkan dalam PMK.17/PMK.07/2021 serta pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM ) darurat covid 19 sesuai dengan Kriteria situasi pandemi yang harus di lakukan penyesuaian angggaran.

“Lebih lanjut Plt Bupati”  pendapatan daerah secara garis besar perubahan pendapatan daerah tahun anggaran 2021 direncanakan sebesar 2 triliun 440 milyar 609 juta 870 ribu 753 rupiah. Belanja daerah secara garis besar direncanakan sebesar 2 triliun 777 milyar 329 juta 260 ribu 542 rupiah.  Pembiayaan daerah secara garis besar direncanakan sebesar 336 milyar 719 juta 389 ribu 789 rupiah.

Sementara Ketua DPRD Kab. Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono menegaskan, penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Nganjuk Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nganjuk dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2021 digelar untuk menyesuaikan dengan visi misi Bupati Nganjuk, pembahasan ini bertujuan untuk menyesuaikan atau menyingkronkan dengan visi misi Bupati Nganjuk, ungkap Tatit.

Perlu diketahui, serangkaian kegiatan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Nganjuk Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nganjuk dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2021 akan dilanjutkan dengan pandangan umum dari masing-masing fraksi yang akan dilaksankan Jumat (8/10/2021). Selanjutnya diteruskan dengan tanggapan Bupati Nganjuk atas pandangan dari masing-masing fraksi yang akan dilaksanakan Sabtu (9/10/2021), ” tuturnya ” .

Reporter : Zi