Pemdes Muneng Kidul Telah Melaksanakan Kegiatan Musdes Tahun Anggaran 2022

Probolinggo, Wartapos.id – Pemerintah Desa Muneng Kidul bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Muneng Kidul Kecamatan Sumberasih pada siang ini bertempat di Balaidesa Muneng Kidul Kecamatan Sumberasih kabupaten Probolinggo. menggelar dan melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penetapan rencana kerja pembangunan desa (RKPDes) Desa Muneng Kidul Tahun Anggaran 2022. Rabu (22/09/21)

Dalam Kegiatan tersebut Di pimpin Langsung Oleh PJ Kepala desa Muneng Kidul. Sudiyanto, Dan Di hadiri oleh Muspika Sumberasih. Camat Sumberasih. Yang Diwakili Kasibang. Sahri S.sos.mm, Kapolsek Sumberasih. Iptu Suyanto SH, Babinsa Muneng Kidul. Serka Prasetia, Babinkantibmas Muneng Kidul. Bripka Deddi, Kanit Intelkam Polsek Sumberasih. Bripka Agus Setiawan, Ketua BPD. Sukarso, Perangkat desa, Pendamping lokal desa. Adi Sutrisno, Pendamping desa kecamatan. Siti choiriah Serta undangan lainnya.Seperti apa yang di Kutip oleh awak media, kepada PJ Kepala Desa Muneng Kidul. Suyanto mengatakan, bahwa Musyawarah Desa ini diselenggarakan sebagai syarat bahan dalam tahapan penyusunan Dokumen RKPDes Tahun Anggaran 2022 mendatang. dalam penetapan Progam Desa Tahun 2022 untuk dijadikan sebagai bahan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Muneng Kidul Tahun Anggaran 2022. Ucap PJ kepala desa Muneng Kidul. Sudiyanto.

Setelah Itu, Kasibang Kecamatan sumberasih. Sahri S.sos.mm, Menyampaikan Bahwa untuk Menyusun RKP Des yang paling penting adalah bagaimana mewujudkan dan melaksanakan dalam pemanfaatan Dana Desa maupun ADD dalam mewujudkan infrasuktur baik fisik dan non fisik secara transparan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa Muneng Kidul. Agar desa Muneng Kidul menjadi desa yang sejahtera kedepannya. Ujarnya.

Pada tempat yang sama. Awak media mengkonfirmasi kepada. Kapolsek Sumberasih. Iptu Suyanto SH, Menyampaikan, Terkait Pandemi Covid-19 masih berlangsung agar masyarakat tetap melaksanakan prokes dan Agar masyarakat mengikuti dan mendukung kegiatan Vaksinasi karena vaksin ini sangat berguna untuk kesehatan dan kekebalan tubuh kita. serta diharapkan Agar masyarakat mendukung kegiatan Tracing yang di laksanakan oleh pihak puskesmas.

Menyinggung terkait kegiatan musdes saya Berpesan agar benar-benar dapat menyaring aspirasi warga dalam membangun Desa Muneng Kidul dan untuk pengelola anggaran desa agar tidak ada penyimpangan dalam penggunaan anggaran Desa tersebut. tutup Kapolsek Sumberasih. Iptu Suyanto SH.

Pelaksanaan Musdes RKPDesa mendasar pada Permendes PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa dan musdes RKPDesa bertujuan untuk menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Muneng Kidul untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang.

Pada pelaksanaan Musdes tersebut diawali dengan pencermatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Muneng Kidul yang berisi gagasan dan usulan dusun yang tertuang dalam RPJM menjadi acuan penyusunan RKP-Desa Tahun 2022.

“Pada saat ini masih dalam suasana pandemi Covid 19 sehingga banyak pekerjaan di tahun 2020 harus terpotong, dikarenakan sebagian besar anggaran harus terfokus kepada penanggulangan Covid-19 dan sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pemerintah Desa diwajibkan dan harus menggelar Rapat Kordinasi tentang pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2022. serta Pemerintah desa Muneng Kidul akan berusaha untuk merealisasikan rencana. dan program kerja demi kemajuan Desa Muneng Kidul Kecamatan sumberasih dan juga kesejahteraan warga,”

“Untuk Penetapan RKP Desa, menjadi dasar penetapan APBDes dan dalam penyusunan RKP kita juga telah melibatkan semua unsur yang ada di desa, adapun Indikator penyusunan RKP Desa yang sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 Tahun 2014 harus meliputi, penyusunan perencanaan pembangunan desa melalui musyawarah desa, pembentukan tim penyusun RKP Desa serta pencermatan Pagu Indikatif Desa dan Penyelarasan Program atau Kegiatan Masuk ke Desa, Pencermatan Ulang RPJM Desa, penyusunan rancangan RKP Des, Penyusunan RKP Des melalui Musyawarah Desa dan penetapan RKP Des, dan Indikator tersebut diatas merupakan hal yang bisa membuat perencanaan kerja pemerintah desa. agar Desa Muneng Kidul bisa lebih maksimal Dan sejahtera kedepannya.

Reporter : Yuris/Sayful

Editor : Samsul Hadi