Proyek Saluran Air di Desa Balongpanggang Kurang Transparan

Gresik, Wartapos – Proyek saluran air yang berlokasi di depan kantor balai Desa Balongpanggang , Kecamatan Balongpanggang, Gresik adalah proyek “siluman”. Lantaran proyek tersebut disengaja tanpa adanya papan proyek.
Sudah jadi Kewajiban memasang plang papan nama, seharusnya sebelum pelaksanaan pekerjaan sudah terpasang, karena itu sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.
Papan nama tersebut di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, waktu pelaksanaan proyek dan nilai rupiahnya serta jangka waktu pengerjaan proyek.
Dengan tidak terpasangnya plang papan proyek tersebut bukan hanya bertentangan dengan Perpres, Tetapi juga tidak sesusai dengan semangat transparansi yang dituangkan pemerintah dalam Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.
Saat Agus selaku kepala Desa Balongpanggang dimintai konfirmasi terkait tidak dipasangnya papan proyek, dengan tegas menjawab memang tidak pasang. “Karena dana pembangunan belum cair 100%, maka tidak saya pasang, sudah ya kepala saya sakit,” ujarnya, Jumat (16/7/2020).
Sementar itu salah satu warga Desa Balongpanggang saat di tanyai mengenai pembangunan saluran air, mengatakan kalau dirinya tidak tau. “Di lokasi tidak ada papan informasi jadi saya juga tidak tau mas,yang saya tau itu proyek Desa Balongpanggang,” Ucapnya. (day/dan)