Bupati Berikan Perhatian Besar Terhadap Pelayanan Kesehatan Masyarakat Jember

Bupati Jember saat memberikan pemaparan di hadapan seluruh OPD

Jember Wartapos.id – Bupati Hendy Siswanto, dalam temu pemaparan program kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pendopo Wahyawibawagraha, Senin (26/04/2021), menyatakan perhatiannya yang sangat besar terhadap pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Jember.

Sentra pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Jember memiliki tiga Rumah Sakit Daerah RSUD dr Soebandi, RSUD Kalisat dan RSUD Balung.

Bupati (Hendy) ingin RSUD dr Soebandi menjadi sentra layanan kesehatan di Jawa Timur setelah Surabaya. Untuk itu, perlu ditingkatkan pembangunan fisiknya, kelengkapan sarana prasarananya serta kualitas pelayanan medisnya.  Adapun dua RSUD lainnya RSUD Kalisat dan RSD Balung—menjadi rumah sakit penyangga.
Bupati (Hendy) mengatakan “Tahun ini kita buat desain ketiga Rumah Sakit ini, dan tahun depan kita bangun. Kita tingkatkan RSUD ini menjadi lebih baik lagi,” ujar Bupati Hendy. kepada Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr Wiwik Supartiwi, yang hadir bersama jajarannya.

Kedua, hemat Bupati Hendy, pentingnya meningkatkan performa dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Pasalnya, Puskesmas ini berada di gugus terdepan dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Manajemen pelayanannya mesti dibuat menjadi lebih cepat dan lebih baik.

Ketiga, Bupati Hendy menilai pentingnya penerapan sistem digitalisasi di rumah sakit. Sistem dibuat menjadi terintegrasi, sehingga Dinas Kesehatan bisa memonitor 3 RSUD di Kabupaten Jember secara realtime. Antar rumah sakit akan terkoneksi secara baik sebagai wujud transparansi dan monitoring.

Bupati Hendy juga akan mengundang dokter spesialis jantung dari Amerika, hak ini agar tim Dokter di Kabupaten Jember bisa lebih pintar lagi di bidang medis.

Bupati (Hendy)juga menambahkan “untuk memperkaya ilmu kepakaran di bidang medis, Kami akan mengundang dokter spesialis jantung dari luar. Transfer ilmu kedokteran itu penting, sehingga tim dokter di Kabupaten Jember dapat berlatih dan menjadi lebih pintar lagi dan sesuai dengan harapan kita semua khususnya untuk warga Jember.” Imbuhnya

 

Reporter ; Gusti