kades Martuli SH. M.Hum ingin mengabdi kembali kepada masyarakat

Sampang, Wartapos.id – Desa merupakan ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat selalu berada di garda terdepan. Karenanya, pemerintah terus memberikan perhatian khusus dan lebih terhadap kemajuan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa.
Demi untuk kemajuan dan membangun Desa Bira Tengah di Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang bagian utara, pemimpin muda mantan royalis Advokad Sampang kades Martuli SH. M.Hum ingin mengabdi kembali kepada masyarakat dalam dua periode mendatang.

Dalam kepemimpinannya selama lima tahun, telah terbukti dari pemberdayaan BUMDes berbagai kegiatan fisik dan non fisik telah sukses di kerjakan oleh kades Martuli mulai dari pembangunan jalan baru, makadam, pengaspalan jalan, pembuatan irigasi, posyandu kesehatan, pasar desa, wisata desa, dan pengelolaan produk pertanian desa.

Kades Martuli saat di konfirmasi di kantornya mengatakan “BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa, melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan, guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya adalah kesejahteraan masyarakat Desa Bira Tengah” ungkapnya,

Sedangkan penilaian kinerja kades Martuli dari Mantan Wartawan Senior Pantura, idris SH. mengatakan “Desa perlu dipandang sebagai entitas sosial kolektif yang memiliki karakter sosiologis, ekonomis, kultural, dan ekologis yang khas jika dibandingkan misalnya dengan “kota”. Cara pandang ini memandang bahwa Desa merupakan tempat di mana kenyamanan, keharmonisan, kerukunan, kedamaian, dan ketenteraman, agar selalu bisa terjaga sehingga bukan harus bersifat stereotipe saja.

Desa merupakan tempat di mana segala bentuk ketertinggalan pasti saja selalu ada. Cara pandang etik orang luar terhadap desa, dengan menempatkan kriteria kemajuan (sukses dan sejahtera) atas dasar nilai-nilai formal material, harus diuji dan disinkronkan dengan cara pandang emik (local view) yang memandang nilai-nilai material bukan segalanya, dan ke pemimpinan kades Martuli selama ini untuk membangun Desa Bira tengah saya ajukan jempol dan saya bilang sukses” ungkap Idris kepada Wartawan WartaPos.id

Reporter : hori/monidn