Nomer Induk Kependudukan (NIK) Belum Aktif Dispendukcapil Siap Bantu Aktifkan

Malang, wartapos.id – Mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa nomer induk kependudukan (NIK) di KTP belum aktif saat proses pengurusan administrasi seperti membuka rekening atau pengurusan lainnya.

Dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Malang menyarankan kepada masyarakat yang mengalami masalah tersebut agar segera melaporkan ke kantor kecamatan atau langsung ke dispendukcapil untuk di aktifkan.

Hal tersebut untuk merespon banyak masyarakat yang belum mengetahui terkait NIK yang belum terverifikasi dan baru diketahui apabila NIK tersebut digunakan sebagai syarat administrasi seperti membuka rekening bank, melamar pekerjaan, surat nikah, pengajuan kredit, dan lain sebagainya.

Seperti yang dialami Aprilia warga Desa Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang saat proses pembukaan rekening bank baru melalui online. Namun saat verifikasi data KTP ternyata nomor NIK belum terverifikasi.

“Saat itu saya mau buka rekening bank melalui aplikasi online, dan saat verifikasi data melalui video call oleh custumer service ternyata NIK KTP saya masih belum aktif” keluhnya.

Menyikapi hal tersebut, Subianto Kabid Informasi dan Administrasi kependudukan Kabupaten Malang membenarkan kalau banyak NIK yang belum diaktifkan sementara sudah memegang KTP.

“Memang benar ada identitas seperti NIK KTP belum aktif, ini biasanya untuk mengantisipasi adanya nomer ganda termasuk nomer KK (kartu keluarga). Selain itu supaya secara otomatis bisa menjadi saringan pendataan yang lebih akurat terkait kependudukan” terang Subianto kepada Wartapos di ruang kerjanya.

“Bagi masyarakat yang kedapatan mengalami masalah seperti itu, bisa mengaktifkan NIK nya langsung datang ke kantor Kecamatan sesuai tempat domisi maupun ke Dispendukcapil Kabupaten Malang dengan membawa identitas KTP maupun KK dan petugas Disdukcapil akan mengarahkan sesuai dengan permasalahan yang dialami ” tambahnya.

Lebih lanjut menurut Kabid, Aktivasi NIK merupakan kewenangan pusat. Dan Dispendukcapil hanya bisa bantu pengajuan aktivasi secara manual ke pusat, dan biasanya juga membutuhkan waktu Tergantung respon dari pusat.

Reporter : Dadang