Dandim 0829 Pastikan Forkopimda Bangkalan Akan Kembali Swab

Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo, S.Sos Serta Danlanal Batuporon, Letkol Laut (P) Dodi Hermanto, M. Tr. Hanla saat menjalani tes Swab PCR pada Rabu (30/12/2020) di Pendopo Agung Kabupaten Bangkalan dengan hasil Negatif (-). (Special photos for wartapos).

BANGKALAN, Wartapos.id – Pasca Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.SI. mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif Covid-19 (Corona Virus Deseas 2019) pada Sabtu (02/01/2020) melalui akun Instagram pribadinya, muncul beberapa pertanyaan dan kekhawatiran dari masyarakat di Kabupaten Bangkalan jika pada malam pergantian tahun baru kemarin (31/12/2020) forkopimda yang hadir pada saat Khofifah (sapaan akrab Gubernur Jawa Timur) berpatroli di Pos Pengamanan Malam Tahun Baru Jembatan Suramadu ikut terpapar Covid-19 atau tidak, akhirnya terjawab.

Komandan Kodim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo, S.Sos mengutarakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir, “Alhamdulillah Forkopimda Bangkalan yang kemarin bertemu dengan Gubernur tidak ada yang terpapar Covid-19.” Tuturnya menjawab kekhawatiran masyarakat pada Selasa (05/01/2020) siang

Dandim yang akrab dengan sapaan Ari lantas melanjutkan, “Yang terpenting kita tidak perlu cemas, wajib disiplin dan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu juga kita banyak berdoa agar selamat dan dijauhkan dari pandemi ini,” sambungnya.

Dandim juga mengutarakan terkait dengan pelaksanaan swab nantinya, “Terkait dengan pelaksanaan Swab itu nantinya karena tanggal 31 kemarin kita juga ketemu dengan Gubernur, yang dinyatakan bahwa beliau terpapar, nanti kita tunggu dalam waktu satu minggu, masa inkubasi itu selesai, nanti hari Kamis (07/01/2020) rencananya kita Forkopimda akan melaksanakan Swab lagi, walaupun pada saat sebelum ketemu dengan ibu Gubernur, kitapun sudah Swab pada tanggal 30 Desember, satu hari sebelum malam pergantian tahun, kita melaksanakan Swab yang ada di Pendopo. Hasilnya kita semua Negatif. Tetapi, ini karena kita ketemu dengan Ibu Gubernur, karena ini masa inkubasi, sehingga supaya lebih efektif, kita terindikasi atau tidak, nanti hari Kamis,” tuturnya lagi.

“Kita himbau kepada masyarakat, walaupun adanya pandemi ini, saya harapkan kita tetap relax, tidak usah resah, saya tekankan tetap disiplin menggunakan protokol kesehatan dengan baik, gunakan masker, mencuci tangan, dan yang paling penting adalah mengurangi kerumunan massa. Karena ini salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan jumlah yang terpapar di masyarakat kita di Bangkalan ini meningkat. Makanya saya harapkan masyarakat supaya patuh. Kita tahu bersama bahwa rumah sakit yang ada yang kita siapkan termasuk balai Diklat ini sekarang sudah hampir overload. Sehingga kita mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar sama-sama untuk disiplin menjaga protokol kesehatan demi kebaikan kabupaten Bangkalan yang kita cintai ini.” Tutur Dandim memberikan himbauan sekaligus menyampaikan harapannya.

Dandim kembali mengutarakan kesiapan Kodim 0829/Bangkalan, “Yang jelas, kita setiap hari melaksanakan Himbauan, gerakan edukasi kepada masyarakat, di fasilitas-fasilitas umum, bersama dengan tiga pilar, baik dari pemerintah daerah maupun kepolisian. Selain himbauan, kita juga melaksanakan operasi yustisi dan penegakan disiplin yang dilaksanakan pagi, siang maupun malam. Kita juga siapkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan untuk mensukseskan vaksinasi, orang yang sudah terpapar sebelumnya dan dinyatakan sembuh, itu sudah kita siapkan enam orang dan sudah kita data. Memang ada standarisasi bahwa dia sudah pernah dirawat dan umur tidak boleh lebih dari 43 tahun. Jadi kita sudah siapkan ada enam orang dari tiga belas orang yang dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Terakhir, Dandim mengutarakan, “Virus ini juga bukan penyakit aib… Sehingga masyarakat harus tenang dan jangan buat provokasi maupun berìta-berita hoax. Semua harus kita hadapi dengan disiplin dan laksanakan protokol kesehatan agar pandemi ini cepat berakhir,” tutupnya.

Pewarta : Ahsan
Editor : Samsul Hadi