Tak Bosan Berikan Himbauan, Kapolres Ingatkan Pengusaha Dan Pengunjung Cafe

Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra SIK MH MSi saat menyampaikan protokol Kesehatan kepada pengunjung di sebuah cafe

BANGKALAN, Wartapos.id – Semakin hari semakin banyaknya pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 (Corona Virus Deseas 2019) di Kabupaten Bangkalan membuat Kapolres Bangkalan lebih menggiatkan lagi himbauan dan pembubaran kerumunan massa yang berpotensi menjadi cluster penyebaran Covid-19. Seperti pada Sabtu (04/07/2020) malam. Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra SIK MH MSi terjun langsung melakukan patroli, menghimbau masyarakat dan melaksanakan penyemprotan desinfektan di jalan-jalan.

“Hari ini Polres Bangkalan, gabungan bersama-sama dengan rekan-rekan dari TNI yakni Kodim, Dinkes (Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan), Satpol PP. Tak henti-hentinya memberikan himbauan, terus melakukan patroli pembubaran terhadap kerumunan-kerumunan yang ada di Bangkalan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” Tutur Kapolres yang akrab disapa Rama kepada para pewarta yang mengikuti giat tersebut.
Rama kemudian melanjutkan,“Hari ini kita ikuti kegiatan setelah himbauan pembubaran kita lakukan penyemprotan desinfektan dan pemberian masker gratis terhadap mereka yang masih belum sadar dengan ancaman virus Corona ini. Kegiatan ini akan terus kita lakukan tanpa henti,”tegasnya.

Menurut Rama, untuk titik-titik yang dipantau di sepanjang jalan, ada sekitar 7 sampai 8 titik yang sudah menjadi langganan, “Oleh karena itu, kita juga terus menghimbau kepada para pemilik usaha, kita juga tidak bisa menutup, karena memang ini untuk keberlangsungan hidup ekonomi, tetapi yang perlu ditegakkan adalah disiplinnya. Disiplin menggunakan masker, disiplin mencuci tangan dengan disediakan alat cuci tangan dan mengatur tempat duduk misalnya, itu adalah kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha,” jelasnya.

Kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 diakhiri dengan penyemprotan desinfektan oleh mobil AWC (Armorred Water Cannon) serta kendaraan double cabin milik Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan.

“Untuk penyemprotan sepanjang jalan protokol Bangkalan, dan juga melibatkan dari kawan-kawan Dinkes untuk melakukan penyemprotan tanggul, melakukan penyemprotan ke titik-titik yang tidak terjangkau oleh mobil AWC,” imbuhnya.

Terakhir, Kapolres memberikan himbauan kepada para pelaku usaha, “Secara umum para pengusaha sudah mulai sadar untuk menyiapkan sarana cuci tangan. Tetapi memang belum ada sikap yang tegas dari pelaku usaha ketika ada pengunjung yang tidak pakai masker. Mereka tidak berani menegur. Inilah yang terus kita dorong. Masker-masker kita coba untuk bagikan secara gratis terus menerus sambil memberikan edukasi – edukasi, nanti tiba saatnya kita akan lakukan tindakan hukum secara humanis.” Tutupnya.

Pewarta : Ahsan
Editor : Samsul Hadi