Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si saat memberikan sambutan didepan ulama NU se Madura.

BANGKALAN, Wartapos.id – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si, bersama Pangdam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M. dalam agenda silaturahmi bersama tokoh agama/ Ulama Nadhotul Ulama (NU) yang dilaksanakan di pondok pesantren (PP) Syaikhona Moh. Kholil Bangkalan pada Rabu (24/06/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jatim menyampaikan 3 (tiga) hal. Menurutnya, yang pertama adalah silaturahmi. Yang kedua terkait dengan situasi saat ini yang dihadapkan pada pandemi Covid-19 (Corona Virus Deseas 2019).

“Banyak hal yang harus kita kerjakan bersama-sama, Saya meyakini bahwa tanpa dukungan semua pihak, wabil khusus dari para Kyai, para Ulama, dari para pengasuh pondok pesantren, saya dan Pangdam beserta jajaran sulit untuk bersama-sama Pemerintah Daerah mengatasi persoalan ini,”tutur Kapolda dalam sambutannya.

“Contoh saja, masalah disiplin, bagaimana caranya masyarakat kita edukasi kita sosialisasi. Tapi saya yakin dan percaya jika ini disampaikan oleh para Kyai, para Ulama para Habaib pengasuh pondok pesantren, Insyaallah lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat,” tutur Fadil Imran.

Kapolda yang sebelumnya menjabat sebagai staf ahli sosial budaya (Sahli sosbud) Kapolri tersebut lantas menyampaikan yang nomer tiga dari tujuannya hadir di PP. Syaichona Moh. Cholil yakni berkaitan dengan agenda Kamtibmas.

“Kedepan, kita ada agenda yang terdekat, ada PILKADA. Saya ijin kepada para Kyai, para Ulama, mudah mudahan Jawa Timur ini tidak saja aman, tapi juga damai dan sejuk. Situasi ini bisa bertahan, situasi ini bisa terjadi manakala kami, Umaro bersama Ulama bekerja saling bahu membahu, saling bantu, saling mendukung agar masyarakat kita bisa menyampaikan hak politiknya dengan damai dan sejuk.” Sambungnya.

Mengakhiri sambutannya, Fadil Imran menginginkan agar silaturahmi tersebut tidak sebatas ini saja, namun ada keberlanjutannya,”Mungkin 2 bulan sekali kita silaturahmi, misalnya besok panitianya Sampang, 2 bulan lagi panitianya Sumenep, 2 bulan lagi panitianya di Pamekasan supaya silaturahim kita tidak putus. Kenapa, Para Kyai, para Ulama, para pengasuh ponpes ini yang menyerap maunya masyarakat (aspirasi,red) ini apa sebenarnya,” tuturnya.

Turut hadir dalam rombongan Kapolda Jatim antara lain, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, dan Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim lainnya.

Pewarta : Ahsan
Editor : Samsul Hadi