Pendamping PKH Simokerto Pantau Langsung Penyaluran Bantuaan di Masa Covid – 19

Idul Masrur Pendamping PKH di dampingi Ketua RW.14 memberikan pengarahan kepada anggota penerima PKH & KKS.

Surabaya, Wartaposs.id – Bantuan sosial yang di berikan kepada pemegang Kartu Keluarga Sejahtera ( KKS) dan Program Keluarga Harapan ( PKH) di kelurahan Simokerto Kecamatan Simokerto telah di berikan kepada KPM ( Keluarga Penerima Manfaat ).

Adanya pendemi Covid – 19 ini ada himbauan dari pendamping untuk mengkoordinir cara pengambilan bantuan tersebut supaya tidak terjadi krumunan masa di masa pendemi ini, atas dasar pemikiran Ketua RW.14 bersama para stafnya untuk mengkoordinir para KPM yang menerima bansos untuk di koordinir oleh pengurus RW dengan melibatkan semua Ketua RT, dan ketujuh RT menyambut baik gagasan Ketua RW bersama Stafnya untuk mengkoordinir pengambilan bantuan PKH maupun KKS di masa pendemi ini.

Karena banyaknya laporan warga tentang permasalahan yang ada di wilayah Kelurahan Simokerto terutama di wilayah RW.14. beberapa waktu lalu penerima bantuan PHK mengadu kepada Ketua RW yang baru menjabat empat bulan ini. Pengaduan para KPM bervariasi ada yang kartunya terblokir, ada yang uangnya beberapa bulan tidak keluar, ada juga yang keluar satu kali untuk selanjutnya tidak keluar lagi.

Wintari salah satu KPM mengatakan ke Wartapos “ saya sudah menanyakan ini keketua kelompok juga ke pendamping PKH tapi jawab mereka selalu mengatakan tunggu dan tunggu tanpa ada kejelasan, saya juga sudah ke Bank BNI bahkan kartu saya sudah di ganti kartu baru tapi sama saja juga tidak bisa di gunakan.” Karena banyaknya pengaduan para pemegang kartu PKH menbuat Ketua RW baru ini ingin mengetahui tentang bantuan PKH lebih dalam lagi.

Samsul Ketua RW. 14 mengatakan “ Untuk menangani permasalahan ini, perlu adanya koordinasi yang baik antara pendamping PKH dan Ketua RW, Koordinator pendamping, Dinas sosial setempat, serta operator SIKS NG agar terjadi sinkronisasi data.”

Karena banyaknya laporan tersebut pendamping melakukan pengawasan langsung Pada Rabu (20/05) saat pembagiaaan bansos, Pendamping yang akrab di panggil Idul dan Supi’I di damping Ketua RW.14 melihat secara dekat para KPM menerima bantuan. Di ruangan terpisah Idul  memberi pengarahan kepada KPM serta memberi kesempatan bertanya langsung terkait keluhan para KPM yang ada di wilayah Simokerto khususnya di RW.14.

Idul Masrur menerangkan kepada Ketua RW.14 Samsul bahwa Bansos untuk KPM ini telah disesuaikan untuk setiap komponennya. Bagi ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun menerima Rp250 ribu per bulan, anak SD sebesar Rp75 ribu per bulan.  Kemudian anak SMP sebesar Rp125 ribu per bulan, anak SMA sebesar Rp166 ribu per bulan, dan penyandang disabilitas berat serta lanjut usia 70 tahun ke atas menjadi sebesar Rp200 ribu per bulan. “Di setiap kecamatan, ada SDM Pendamping PKH yang siap untuk mengawal proses pencairan bantuan agar tepat dan aman sampai di tangan KPM,” tutur Idul Mansrur.

Reporter : Samsul