Bupati Bangkalan berharap lokasi Rukyatul Hilal dapat dibangun di pantai gebang

Bangkalan, Wartapos.id – Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan melaksanakan kegiatan pemantauan hilal bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bangkalan pada Senin (03/06/2019) sore. Rukyatul hilal merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Kementerian Agama bersama dengan Pemerintah Kabupaten dan Organisasi Keagamaan yakni Nadhlatul Ulama (NU).

Pada pelaksaan rukyatul hilal kali ini, dimaksudkan untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1440 Hijriah akan jatuh kapan, dengan kata lain dimaksudkan untuk mengetahui akhir dari bulan Ramadhan. Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron berkesempatan menghadiri Rukyatul Hilal yang dilaksanakan di tepi pantai Desa Gebang, Kecamatan Bangkalan bersama Wakil Bupati Bangkalan, Drs. Mohni MM, Kapolres Bangkalan yang diwakili Wakapolres Bangkalan, Kompol Hendi Kurniawan S.Sos, Dandim 0829/Bangkalan yang diwakili oleh Danramil Socah, Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Tim Falakiyah Pondok Pesantren Al – Fitra Surabaya, Kepala Desa Gebang serta Kepala Desa Sabiyan.

Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Bangkalan, Sulaiman, S.Ag, M.Pdi menyampaikan bahwa pihak Kemenag Bangkalan bersama dengan ormas Islam, Khususnya Lembaga Falakiyah NU, juga dari Ormas Muhammadiyah serta Lembaga Lajnah yang lain, sudah melaksanakan Hisab yakni penghitungan mulai dari awal bulan Syawal.

“Dari hasil Hisab itu diketahui bahwa hari ini (Senin,03/06/2019) memang “Ngairu Ingkan”, Dengan kata lain tidak bisa dilihat. Karena posisinya masih dibawah ufuk. Tepatnya – 0° 4” kurang lebih demikian,” tutur Sulaiman.

Sulaiman juga menyampaikan bahwa hari ini persiapan Rukyatul Hilal dimulai sejak pukul 15.30 WIB sampai 16.30 WIB. “Mulai pukul 16.30 WIB kami melakukan pemantauan bersama – sama Bupati serta Forkopimda hingga matahari terbenam dan semua sepakat tidak ada yang melihat Hilal.” Tutur Sulaiman.

“Ini menjadi masukan kepada Pemerintah, kepada Kanwil Kemenag juga Kemenag Pusat untuk dijadikan bahan di sidang Isbat. Insya’Alloh meskipun (saat ini) masih menunggu sidang Isbat Kemenag pusat, Insya’Alloh hari raya jatuh pada hari Rabu tanggal 05 Juni,” Sulaiman menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron saat ditemui wartapos terkait rencana Pemerintah Kabupaten Bangkalan untuk membangun lokasi Rukyatul Hilal di Pantai Desa Gebang lebih layak, menyampaikan,”Kedepannya akan kita rencanakan untuk membangun fasilitas yang representatif untuk para tim rukyat ini agar lebih layak, bukan seperti sekarang yang ala kadarnya ini,” tutur Ra Latif (sapaan akrab Bupati Bangkalan).

Ra Latif menjelaskan bawa saat ini, lokasi yang dipergunakan untuk melaksanakan Rukyatul Hilal tersebut milik warga yang sedang dalam sengketa.

“Kita rembukan dulu dengan Pak Wabub, Pak Sekda bagaimana baiknya. Karena yang di inginkan menjorok ke tengah Pantai. Pemerintah juga tidak mungkin membangun fasilitas diatas lahan milik perorangan apalagi sedang dalam sengketa,” papar Ra Latif.

“Kita pikirkan sama – sama untuk bagaimana membangun fasilitas ini termasuk akses menuju lokasi jangan sampai fasilitas sudah terbangun, aksesnya terkendala. Ya mohon doa’nya mudah mudahan bisa direalisasikan.” Tutup Ra Latif. (San)