Plt. Kasatpol PP ”Hasyim Asy’ari akan kita jaga jangan sampai seperti tom & Jerry”.

Plt. Ka Satpol PP, Mulyanto Dahlan,SH, MH saat berinteraksi dengan warga yang merasa senang karena jalan akses jalan kembali lancar dan bersih.

Bangkalan, Wtartapos.id – Sepanjang Jalan KH. Hasyim Asy’ari, Bangkalan pada hari – hari sebelumnya selalu ramai dengan pedagang kaki lima dengan beraneka macam dagangan, mendadak lengang pada pagi Senin (20/05/2019) pagi. Kebiasaan para pedagang kaki lima yang mangkal sejak subuh, pagi itu mendadak lengang dan jalan tersebut terlihat rapi lantaran puluhan petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan petugas dari Dinas perhubungan Kabupaten Bangkalan turun ke lapangan menertibkan para pedagang tersebut.

Pelaksana Tugas (PLt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol pp) yang sekaligus merupakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangkalan, Mulyanto Dahlan, SH, MH kepada wartawan wartapos.id menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di area jalan KH. Hasyim Asyari tersebut seperti dahulu, bersih, lancar.

“Kita mengadakan persuasif, mereka mengais rejeki, kami ingin menempatkan mereka, pedagang kaki lima ini ke tempatnya. Artinya, Pasar Ki Lemah Duwur, Pasar Bancaran ini masih kosong dan mereka semua ini punya lapak – lapak atau kios di sana (pasar,Red),” paparnya.

Menurut Mulyanto, setiap harinya Jalan KH. Hasyim Asyari tersebut setiap harinya macet. Selain dikarenakan banyaknya pedagang kaki lima, selain itu, yang menjadi penyebab biang kemacetan pada pagi dan siang hari adalah aktivitas bongkar muat dari toko – toko di sepanjang jalan menuju SMP Negeri 2 Bangkalan, “ Kasihan adik – adik yang akan melaksanakan kegiatan belajar di smp 2 tersebut, karena aktivitas mereka terganggu kemacetan, Yang menjadi biang kemacetan salah satunya bongkar muat dari toko Lisa Jaya Mebel, nanti kita akan kasih pemahaman,” tutur Mulyanto yang mengaku akan melakukan pendekatan secara persuasive.

“Kami akan membuat schedule untuk persimpangan – persimpangan bagaimana akses jalan hasyim asyari ini akan tetap seperti ini, pejalan kaki enak, lalu lintasnya menjadi lancar, dan ini merupakan harapan dan kedepan yang menjadi pasar – pasar tumpah lain akan kami beri suatu pemahaman. Setidaknya mereka mulai memahami aturan bahwa disini tidak diperkenankan dan mulai tertib, mulai bersih.” Tutur Mulyanto menjelaskan tujuan serta harapan kedepannya.

“Kami sudah tidak ingin Tom and Jerry atau kucing – kucingan, sehingga kita akan tempatkan petugas yang secara rutin. Lama – kelamaan kalau pemahaman bahwa lokasi tersebut tidak diperkenankan, ya kita sambil menunggu kesadaran masyarakat tumbuh, sudah tidak diperlukan petugas lagi. Sementara kita akan tempatkan petugas baik dari Satpol PP maupun dari Dishub.” Tutup Mulyanto mengakhiri. ( San)