Presiden RI disambut Bupati Probolinggo dalam Rangka Peresmian Perhutanan Sosial

Kunjungan Presiden RI ke Probolinggo
Kunjungan Presiden RI ke Probolinggo

Probolinggo, Wartapos.id

Penuh berkah pada Kamis (2/11) sejak pukul 08.45 sampai dengan pukul 12.08 Wib bertempat di petak A 1 KPH Kaliacar dusun Asenan desa Brani wetan kecamatan Maron kabupaten Probolinggo telah dilaksanakan kunjungan kerja Preisden RI Ir H Joko Widodo dlm rangka peresmian “Perhutanan Sosial”.

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut, Ir. Joko Widodo Presiden RI, Ir Hadi Basuki Hadi Muljo MSc Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Siti Nurbaya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Teten Masduki kepala Staf Kepresidenan, Heru Budi Hartono Staf Kepresidenan, Marsda TNI Trisno Hendradi Setmil Presiden, Mayjend TNI Mar Suhartono Danpaspampres, Anggota DPR RI Komisi IIIV, Sukarwo Gubenur Jatim, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko MDA Pangdam V/Brawijaya dan Irjen Pol Drs Machfud Arifin SH Kapolda Jatim.

Selain itu, instansi terkait Sekabupaten yang datang menghadiri, Bupati Probolinggo, Seluru Kasatker, seluruh Camat da Kepala Desa dan ribuan masyarakat.
Rangkaian kegiatan di awali pada pukul 08.45 Wib Presiden RI (Ir. H. Joko Widodo) berserta rombongan landing dilapangan Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo dengan menggunakan 3 helly Fligh. Dengan data Helly , Helly Fligh Super Puma dgn No lambung NAS-332/H-3206 Capt. Ltk Pnb Zulkifli Purba dan Copil Ltt Pnb Riski Renaldi dgn data manifest:

– Ir H. Joko Widodo (Presiden RI)
– Ir. Basoeki Hadi Mulyo (Mentri umum & perumahan rakyat).
– Drs. Teten Masduki (Ka staf kepresidenan).
– Soekarwo (Gubernur Jatim).
– Laksma TNI Suhartono (Danpaspampres).
– Dan Group A Paspampres.
– Ajudan Presiden.

Helly Fligh Super Puma dgn No lambung EC-725/HT-7202 Capt. Ltk Pnb David Martin & Copil Myr Pnb Zulhamidi Lubis dgn data manifest:
– Ka Sekeretariat Presiden.
– Sesmilpres.
– Pangdam V/Braw.
– Kapolda Jatim.
– Sekpri Presiden.
– Staf khusus Presiden.
– Deputi.
– Karo Protokol.
– Protokol.

Helly Fligh Super Puma dgn No lambung Nas-332/H-3216 Pilot : Kpt Pnb Wahyu & Copil : Lettu Pnb Surya Mega dgn data manifest:
– Dokpri Presiden.
– Asespri.
– Dantim Adv Paspampres.
– Wartawan.
– Juru foto.
– FSOStaf.

Selanjutnya pukul 08.58 Wib Presiden RI Ir Joko Widodo beserta rombongan meninggalkan di Hellypad Desa Condong kecamatan Gading kabupaten Probolinggo menuju lokasi peresmian Perhutanan Sosial diobyek petak 1A KPH Kaliacar KPH desa Brani Wetan kecamatan Maron.

Di lanjutkan pada pukul 09.35 Wib Presiden Joko Widodo sampai dilokasi peresmian Perhutanan Sosial petak 1A KPH Kaliacar desa Brani Wetan kecamatan Maron. Rombongan Ir H Joko Widodo (Presiden RI) memasuki tenda undangan dilanjutkan dengan menyayikan Lagu Indonesia Raya oleh siswa SDN Brani Wetan 2 kecamatan Maron.

Di lanjutkan dengan Sambutan H Sukarwo Gubernur Jatim yang intinya, Ucapkan terimah kasih atas kunjungan Ir H Joko Widodo beserta semua rombongan yg telah hadir dalam acara hari ini. Juga kegiatan penyerahan KUR CSR kepada Kepala Sekolah dan Kelompok Tani oleh Yayuk (Dirut Usaha Kecil BNI).

Pada pukul 09.57 Wib laporan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar Msc Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yg intinya, Ucapan terimah kasih kepada Ir H Joko Widodo (Presiden RI) beserta semua rombongan dan unsur Forkopimda yg telah hadir dalam acara ini. Ada Pembacaan SK pengakuan oleh Dr Ir Siti Nurbaya Msc terhadap lahan Perhutanan Sosial yg berada di wil kabupaten Probolinggo dan sekitarnya.

Lalu penayangan Video Profile Kehutanan. Dengan penyerahan SK ijin pemanfaatan Perhutanan Sosial dan SK pengakuan perlindungan kemitraan kehutanan oleh Ir H Joko Widodo (Presiden RI) kepada 10 orang yg didampingi oleh Dr Ir Siti Nurbaya Bakar Msc dan foto bersama.

Pada pukul 10.10 Wib sambutan Ir H Joko Widodo yang intinya, ucapan terima kasih dan hormat kepada para Menteri, Gubernur Jatim, seluruh Direksi BUMN, Pangdam V/Brw, Kapolda Jatim dan para penerima SK di wilayah Probolinggo, Lumajang, Jember yg sdh diserahkan.

Program ini berlaku hingga 35 tahun dan bisa diperpanjang serta dimanfaatkan sampai dengan 70 Tahun Lahan boleh ditanami apapun dan akan mendapat pendampingan dari Perhutani dan Bank BNI.

Dalam pengembalian dana KUR harus diangsur tiap bulan dan jelas dalam pengunaannya yaitu sebagai modal pengolahan untuk mendapatkan hasil produksi yang terbaik, tegasnya.

Dalam kegiatan kunjungan Presiden RI di kabupaten Probolinggo, libatkan Ribuan Personil TNI-POLRI guna untuk melakukan keamanan, antisipasi terjadinya hal – hal yang tidak di inginkan. (rul/adv)