Pemkab Sosialisasikan Program Subsidi Rastra 2017

Wartapos, Probolinggo
Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan terhadap masyarakat miskin, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo melakukan launching (rilis) program subsidi beras sejahtera (Rastra) tahun 2017 di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Senin (17/4/2017).

Usai dirilis, program yang digelar bekerja sama dengan Bulog Sub Divre Probolinggo ini langsung disosialisasikan kepada masyarakat penerima manfaat. Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Probolinggo Asy’ari didampingi oleh Kepala Bulog Sub Divre Probolinggo Dafid Susanto, Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Retno Ngastiti Djuwitani dan perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo.

Suasana Kegiatan Launching dan Sosialisasi Rastra 2017 kab Probolinggo.
Suasana Kegiatan Launching dan Sosialisasi Rastra 2017 kab Probolinggo.

 

Dalam kesempatan tersebut diserahkan beras miskin kepada 153.051 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se Kabupaten Probolinggo. Penyerahan ini secara simbolis diberikan kepada 7 (tujuh) orang keluarga. Hasil data masyarakat miskin ini diperoleh dari sumber utama Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin (PPFM) yang merupakan hasil kegiatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo pada tahun 2015.

Kepala Dinsos Retno Ngastiti Djuwitani menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi antara tim koordinasi (tikor) Kabupaten Probolinggo dengan camat selaku timlak program rastra kecamatan yang memiliki tanggung jawab atas pelaksanaannya dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, sosialisasi, pemantauan dan evaluasi. “Kepala desa juga bertanggung jawab atas distribusi Rastra,” katanya.

Sementara Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Probolinggo Asy’ari menjelaskan bahwa program subsidi rastra ini merupakan bagian dari program Pemerintah Daerah untuk menanggulangi persoalan kemiskinan dan mengurangi beban pengeluaran masyarakat berpenghasilan rendah serta meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup keluarga.

Dafid Susanto, Ka Bulog Divre Probolinggo
Dafid Susanto, Ka Bulog Divre Probolinggo

“Tujuan dari program subsidi Rastra nantinya dapat mengakses beras dengan harga murah dan tepat sasaran sesuai aturan. Program ini nantinya dapat terintegrasi dengan program-program yang lain di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sedangkan Kepala Bulog Sub Divre Probolinggo Dafid Susanto mengatakan bahwa selama ini pihaknya selalu memastikan kesiapannya untuk memasok seluruh kebutuhan beras yang akan disalurkan untuk program Rastra. “Kualitas beras Rastra antara Tim Rastra kabupaten dengan Bulog juga terus dilakukan untuk menjaga optimalisasi dalam rangka peningkatan pelayanan rastra,” ungkapnya. (Rul/Haq)