Purnawiyata Siswa Kelas IX SMPN 6 Nganjuk Tahun Pelajaran 2023 /2024, Mewujudkan Generasi Milenial Menuju Indonesia Emas

 

Nganjuk, Wartapos.id – Dimana ada pertemuan disitu ada perpisahan , dua tahun lalu kita bertemu di SMPN 6 Nganjuk , dan tempat ini pula kita berpisah . Inilah takdir manusia yang tak terelakkan, kita bisa melawan waktu , biarlah waktu yang berlalu seiring dengan linangan air mata kami. Maafkan adik adik mu selama ini maaf apabila kami selalu membuat onar dan nakal, tapi ketahuilah dalam lubuk hati kami tak akan pernah padam. Terimakasih atas bimbingan dan kenangan selama tiga tahun di sekolah kita tercinta, pesan kami kalian adalah alumni alumni yang baik dan sopan. Perlihatkan lah sifat baik, sopan itu kepada orang orang di luar sana. Buatlah hal itu menjadi ciri khas alumni sekolah kita. Jaga nama baik sekolah kita dimanapun kakak kakak meminjak kan kaki. Tetaplah hati kakak dalam kejujuran dan kebenaran, niscaya kalian akan menjadi orang orang yang sukses dan berhasil di masa depan.

Tak terasa hari demi hari bulan demi bulan begitu cepat nya berlalu. Teringat lagi memori tiga tahun lalu saat indah awal pertemuan kita lalui. Sejak perkenalan itulah munculah rasa kasih sayang dan kecintaan diantara kita bersama, kebersamaan yang terlukis indah dalam kesederhanaan. Suka duka kita lalui dengan kebersamaan dengan berbagai macam warna sehingga terlihat elok layaknya sebuah pelangi. Namun kini perpisahan akan terjadi perpisahan yang sejak dulu tidak kita inginkan harus terjadi kini datang menghampiri . Kebersamaan yang telah lama kita lalui kini hanya akan terkenang dalam hati.

Bertempat di aula SMPN 6 Nganjuk telah di selenggarakan purnawiyata siswa siswi kelas IX SMPN 6 Nganjuk tahun pelajaran 2023/2024 , ” Mewujudkan Generasi Milenial Menuju Indonesia Emas ” . Hadir dalam acara tersebut Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA, kepala dinas pendidikan kabupaten Nganjuk Dr. H. Sopingi, AP, M.M, kepala sekolah SMPN 6 Nganjuk Tri Sumartana , S.Pd, ketua komite, forkopimcam , bapak ibu guru, staf, karyawan, wali murid dan siswa siswi kelas IX, Senin ( 03/06/24 ) .

Kepala sekolah SMPN 6 Nganjuk Tri Sumartana, S.Pd dalam sambutanya menyampaikan terima kasih saya ucapkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Pada hari ini merupakan hari yang berbahagia kepada siswa-siswi kelas IX SMPN 6 Nganjuk tahun pelajaran 2023/2024 yang pada hari ini mengikuti purnawiyata. Untuk anak anak yang hari ini mengikuti purnawiyata sebanyak 246 siswa-siswi insyaallah pengumuman kelulusan akan di umumkan tanggal 10 Juni 2024 dan mudah mudahan anak bisa lulus sempurna. Pesen saya setelah lulus dari SMPN 6 Nganjuk lanjutkan perjuanganmu ke jenjang yang lebih tinggi lagi, terus lah berbakti dan hormat kepada kedua orang tua mu, guru guru mu, karena dengan kalian berbakti kepada kedua orang tua dan guru guru mu, kalian akan menjadi orang sukses , ” ujarnya ” .

” Untuk bapak ibu wali murid pada hari ini saya serahkan kembali putra putri bapak ibu, kami mewakili bapak ibu guru, staf karyawan apabila selama tiga tahun kami membimbing, mendidik putra putri bapak ibu di SMPN 6 Nganjuk ini apabila ada salah saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Dan apabila dari anak anak kelas IX ada ucapan atau tingkah laku yang kurang berkenan di hati bapak ibu guru, saya mewakili bapak ibu guru, staf, karyawan saya maaf kan, jadi kosong kosong iya bapak ibu wali murid . Untuk anak anak ku setelah lulus dari SMPN 6 Nganjuk ini carilah teman yang baik dan cerdas karena dengan mencari teman yang baik dan cerdas kalian semua akan menjadi orang yang hebat dan sukses , jelasnya ” .

Sambutan Dr. Drs. H Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA kepada anak anak dan orang tua wali murid saya ingin memberikan inspirasi, motivasi bagaimana mencetak anak yang sukses, dimulai dari apa yaitu pertama sebuah keyakinan , bapak ibu harus yakin harus percaya anak anak ku adalah anak yang sukses. Memulai sesuatu kata kunci nya keyakinan masa depan mu masih panjang, tapi kalian harus yakin menjadi anak yang sukses. Harus percaya diri anak anak sudah dewasa harus di berikan kepercayaan , berikanlah kepercayaan, berikanlah keyakinan kepada anak anak hindari kosa kata yang negatif bicaralah sesuatu yang positif. Kalau orang tua sudah percaya jadi anak anak yang bisa di percaya tidak ada anak yang bodoh setiap anak adalah cerdas, cuma tidak di pahami oleh orang tua, anak anak, bapak ibu guru yaitu kecerdasan anak anak itu berbeda beda, setiap anak itu unik . Filosofi kabupaten Nganjuk selalu saya sampaikan ” Nganjuk berasal dari kata Anjuk Ladang yang artinya Anjuk kemenangan dan Ladang artinya tanah berarti kita dilahirkan di tanah kemenangan ” mental kita adalah mental juara . Saya punya cita cita sederhana semoga ke depan presiden, menteri , gubernur dan bupati , saya berharap berasal dari orang Nganjuk yaitu salah satu nya dari anak anak SMPN 6, ” tuturnya ” .

Sambutan kepala dinas pendidikan kabupaten Nganjuk Dr. H. Sopingi, A.P, M.M berpesan kepada anak-anak jangan malas jauhi itu sifat malas. Ayo bersama sama kita semangat, kita bergerak, kita belajar giat supaya masa depan kita cerah. Kita berada di negeri subur gemah ripah loh jinawi ibaratnya tongkat di tancapkan bisa menjadi tanaman, jadi anak anak harus mempunyai semangat. Nanti kalau kalian keluar dari pintu gerbang SMPN 6 Nganjuk saya sudah selesai belajar di sini, jadi saya harus punya semangat yang lebih lagi . Saya bercerita pada waktu di SMP dan SMA dulu saya dari keluarga yang tidak mampu pada waktu itu saya setiap hari setelah pulang sekolah jualan poster, saya ceritakan ke anak anak semuanya biar anak anak mempunyai semangat belajar. Dan jangan menyalakan orang lain ayo kita sama introspeksi diri setelah lulus dari SMPN 6 Nganjuk apa kekurangan, apa kesalahan kalian semua kita harus lebih baik dan insyaallah kita akan menjadi orang sukses, terus lah perjuang anak anak ku masa depan mu masih panjang, ” tandasnya ” .

Purnawiyata siswa siswi kelas IX SMPN 6 Nganjuk tahun pelajaran 2023/2024 sangat meriah sekali dan penuh haru , ada beberapa tampilan tarian, pencak silat dan Penyerahan piagam penghargaan peringkat paralel kelas IX dan piagam siswa-siswi berprestasi non akademik antara lain karate, pencak silat, dan atletik, peringkat paralel di raih oleh:
1. Wiwin Antika Sari kelas IX -5
2. Siti Nur Aishah kelas IX -5
3. Luluk Eva Yunani kelas IX – 8
Siswa siswi berprestasi non akademik
1. Flora Bulan kelas IX – 1 , siswa berprestasi bidang Karate.
2. Dezona kelas IX – 4 , siswa berprestasi dalam bidang pencak silat.
3. Panji Avando kelas IX – 8, siswa berprestasi dalam bidang Atletik. ( uzi )