Timbulkan Semangat Patriotisme Dalam Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Surabaya, Wartapos.id—  Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kodim 0830/Surabaya Utara menggelar kegiatan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 bertempat di lapangan upacara Kodim 0830/Surabaya Utara Jl. Gresik No. 52, Perak Barat Kec. Krembangan, Senin (30/10/2023)

Upacara yang diikuti oleh personel militer maupun PNS jajaran Kodim 0830 dipimpin oleh Pasiter Dim 0830 Mayor Chb Hermansyah selaku inspektur upacara, bertindak sebagai Komandan upacara Pa Sandi Dim Letda Inf Romli, pembaca pembukaan UUD’45 Serda Yudi, pembaca Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 Sertu Solikun, Pembaca Do’a Serda Sunarto dan Pembawa Acara PNS Fauziah.

Dalam kesempatan tersebut inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo, dalam momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”, yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia yang telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi. Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi serta literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi.

“Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor” ujarnya.

Diakhir amanatnya Menteri Pemuda dan Olahraga mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri, pungkasnya. (Oni)