Siswa SMP Bicara Kurang Sopan Ke Petugas Saat Di Tegur Naik Motor Tidak Membawa Helm?, Potret Perjalanan Dunia Pendidikan Kita.

 

Sidoarjo, Wartapos.id – Hari hari ini ! adab dan Akhlak sangatlah mahal, dunia pendidikan tidak hanya dituntut untuk memberikan mata pelajaran kepada siswa supaya mengerti dan paham, juga pendidikan adab dan perilaku sopan santun kepada orang yang lebih tua, baik Guru, petugas, orang tua, maupun kepada teman. Sehingga menghargai orang adalah perilaku yang mulia, melalui Lembaga organisasi, Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) Kabupaten Sidoarjo, Moch Kudori alias Giso nama sapaannya khususnya di Bidang Pemberdayaan dan Pendidikan dirinya angkat bicara mengenai viralnya vidio di sosmed, di kesiplinan sangatlah penting apa lagi dilingkungan sekolah, mengingatkan menegur siswa yang berkata kurang sopan. Baik saat mengajar maupun di luar jam belajar. Menurutnya, hal itu sangat penting agar siswa selalu berhati-hati dalam berbicara, kata Giso yang juga pemerhati Lingkungan dan Sosial ini.

“Saat ini sering kita jumpai di warkop maupun di jalan, anak-anak berkata dengan bahasa yang kurang pantas, nada keras dan kurang sopan. Kita sebagai Organisasi AWDI di Kabupaten Sidoarjo di bidang pendidik sangatlah mengelus dada, dengan adanya vidio tersebut.

“Hal seperti itu tidak boleh dibiarkan. Kita harus mengingatkan bahwa Adab dan akhlak sangatlah penting. Bagi siswanya supaya nantinya, para siswa selalu berkata sopan, menyampaikan kalimat secara santun dan mengeluarkan kalimat-kalimat yang baik,” jelasnya Giso.

Menurutnya, seorang siswa harus memiliki tata krama yang baik terhadap teman maupun guru. Sikap tersebut antara lain tidak mengangkat suara atau bertingkah tidak sopan saat berhadapan dengan guru, siswa harus ingat dan melaksankan nasihat baik dari guru, siswa tidak boleh melemparkan cercaan atau hinaan kepada teman terlebih kepada guru dan orang tua.

“Sekali lagi dirinya meminta Dinas pendidikan Kabupaten Sidoarjo dan guru harus selalu mengingatkan siswa yang berbuat salah dan suka bertutur kata kurang sopan. Jangan dibiarkan atau cuek karena itu akan menjadi, insident kebiasaan yang buruk jika dibiarkan.

Sesungguhnyq Adab di bangun dari Ilmu, namun tak kala Adab tumbuh maka ilmu di bawahnya, sepandai pandai orangnya, dan setinggi tinggi ilmunya, kalau Adab tidak adadi jiwa maka percuma dan tidak ada arti. ( rif/ AWDI )