Panen Kacang Hijau Warga Binaan dibantu Babinsa Menganti

Gresik, Wartapos.id- Meski kemarau berlangsung lama, petani di Dusun Telogo Bedah Desa Hulaan Kecamatan Menganti masih bisa panen kacang hijau dibantu dengan Serda Eko salah satu Babinsa Koramil 0817/04 Menganti. Sabtu(8/10/2022).

Merupakan wilayah binaan Serda Eko, Dusun Telogo Bedah yang sebagian warganya pada umumnya berprofesi sebagai petani jagung, kedelai dan kacang hijau.

Sartono petani kacang hijau yang ditemuinya mengaku bahwa pekerjaan sebagai petani ditekuninya kurang lebih selama 8 tahun dan bisa menghidupi keluarganya hingga sampai sekarang.

“Panen kacang hijau biasanya dilakukan setelah 60 hari setelah penanaman, dengan menggunakan jadwal untuk penanaman membuat pasokan tetap terjaga dan tercukupi.” Kata Sartono saat ditemui bersama Babinsa.

Panen merupakan momen yang ditunggu-tunggu petani untuk menikmati hasil yang selama ini ditanam.

Serda Eko saat membantu Sartono dalam memanen kacang hijau mengatakan,”Untuk memaksimalkan hasil panen kacang hijau, saya menyarankan agar bisa berinovasi, misal menjual hasil panennya untuk mendukung usaha kuliner dijadikan dalam bentuk kecambah atau tauge. Sehingga bisa dijual ke pedagang kuliner dan dapat menambah penghasilan.”katanya.

Berkerja sama dengan usaha kuliner bisa saling menguntungkan, dan juga mengurangi kekhawatiran akan turunnya harga kacang hijau dipasaran.”pungkasnya.(Oni)