Upacara Dan Apresiasi Seni Warnai Kegiatan MPLS SMPN 5 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023

 

Nganjuk, Wartapos.id – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan peserta didik baru. Masa pengenalan lingkungan sekolah dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa siswi terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas , bapak / ibu guru, hingga karyawan lainnya di sekolah, tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Pemerintah kabupaten Nganjuk dinas pendidikan SMPN 5 Nganjuk , Senin ( 18-20/07 2022 ) telah melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah ( MPLS ) hari Senin 18 juli 2022 jadwal kegiatan 07.00-08.30 materi upacara pembukaan MPLS pemateri Fajar Nur Hakim, S.Pd dan Wuri Handayani C.V . Waktu 08.30-10.00 materi sosialisasi tata tertib pemateri Lamidah, S.Pd, M.M. waktu 10.00-10.30 istirahat. Waktu 10.30-11.30 materi wawasan wiyata mandala pemateri Nurul Jannati, S.Pd. waktu 11.30-12.00 matari sholat dhuhur pemateri Nurul Jannati, S.Pd.I dan Ubaidul Bashit Roziqi, S.Pd.I.

Hari Selasa 19 juli 2022 waktu 07.00-08.00 materi apel pagi pemateri Hariono, S.Pd. waktu 08.00-11.00 materi olah raga gembira pemateri Anik Susiati, S.Pd dan Novi Sunariyasih, S.Pd. waktu 11.30-22.00 materi Sholat dhuhur pemateri Nurul Jannati, S.Pd.I dan Ubaidul Bashit Roziqi, S.Pd.I . Hari rabu 20 juli 2022 waktu 07.00-08.00 materi apel pagi pemateri Lamidah, S.Pd, M.M. waktu 08.00-11.30 materi apresiasi seni pemateri Vita Bayu Oktaviana, S.Pd dan waktu 11.30-12.00 materi upacara penutupan pemateri Hariyono, S.Pd.

Kepala sekolah SMPN 5 Nganjuk Dra. Ari Indra Prihatiningsih melaui waka bidang kesiswaan Hariyono , S.Pd mengatakan mengawali tahun pelajaran baru 2022/2023 sebanyak 288 yang terbagi dalam 9 gugus yang masing masing gugus sebanyak 32 siswa siswi.
Seluruh perserta didik wajib mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah ( MPLS ) yang tujuannya untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa siswi baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Menumbuhkan motivasi semangat dan cara belajar efektif, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. Menumbuhkan perilaku positif antar lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman, dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih, hidup sehat, berkarakter, cinta tanah air, cinta lingkungan, mempunyai wawasan luas sebagai modal untuk berkompetisi di masa yang akan datang, ” tuturnya ” .

” Harapan kami kita akan menemukan potensi dari anak sekolah dasar ( SD ) yang masih terpendam kita gali potensi nya sehingga yang seharusnya mereka demam panggung dengan adanya kegiatan ini kita berikan kepercayaan penuh kepada mereka yang akhirnya percaya diri, dan anak anak akan tahu bagaimana mencari jati diri nya, imbuhnya ” .

Selain itu di masa pengenalan lingkungan sekolah ( MPLS ) di isi dengan kegiatan apresiasi seni seperti tari, baca puisi, menyanyi gerak untuk anak osis, yang tujuannya anak anak mempunyai kreativitas bisa menumbuhkan ide ide yang mereka miliki. Ide apa yang mereka ekspresikan, dengan begitu kreativitas anak pun terasah. Belajar bekerja sama ketika mereka terbiasa mengekspresikan diri, maka orang lain akan lebih mudah melihat kemampuan kita, saling melengkapi dengan orang lain dan bisa menjadi salah satu modal utama untuk mengasah kemampuan berintegrasi dan bekerja sama.

Lanjut nya melatih anak anak untuk percaya diri untuk mengekspresikan diri ketika anak anak terbiasa melakukan itu kepercayaan mereka pun akan tumbuh sehingga anak anak berani keluar dari zona nyaman agar bisa menghadapi masalah. Dan agar anak anak bisa meningkatkan prestasi nya akademik maupun non akademik, ” pungkas Vita Bayu Oktaviana, S.Pd ” . ( Uzi )