Diskominfo Kembali Gelar Sosialisasi Internet Sehat

 

 

Probolinggo, Wartapos.id – Sosialisasi Internet Sehat yang rutin diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo kembali hadir pada semester awal tahun 2022 ini. Setelah selama dua tahun dilakukan dalam jaringan (daring/online), giat Internet Sehat kali ini dilakukan dengan tatap muka.

Bertempat di SMP Negeri 2 Kota Probolinggo, sebanyak 40 siswa/siswi antusias mengikuti giat sosialisasi yang dimulai tepat pukul 09.00, Selasa (7/6). Dibuka oleh Kepala Diskominfo, Pujo Agung Satrio didampingi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Sukohadi dan Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Probolinggo, Sandy Purwanto. Pujo menyampaikan terima kasih atas kesediaan sekolah untuk menerima, menyambut serta memfasilitasi kegiatan tersebut.

Pujo juga menjelaskan bahwa sosialisasi berinternet merupakan sosialisasi yang sangat penting bagi siswa. Sebab, era sekarang kaum muda tidak ada yang tidak menggunakan internet. Bahkan sistem belajar mengajar pun sudah banyak memanfaatkan internet.

Media sosial juga seakan sudah menjadi candu bagi masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja. Remaja masa kini identik dengan smartphone ditangan hampir 24 jam. Media sosial sangat banyak menawarkan kemudahan yang membuat remaja betah berlama-lama dalam menggunakannya.

“Saya yakin adik-adik disini, gimana kalau hape-nya ditahan sebentar,” ujarnya disahuti dengan penolakan para peserta. “Seperti yang kita ketahui, media sosial merupakan wadah bagi remaja untuk menuangkan kebebasan berekspresi, baik itu bentuk gambar ataupun konten-konten,” sambungnya.

“Jadi literasi digital sangat penting pada zaman sekarang. Bukan hanya perangkatnya, namun juga informasi yang didapat sangat cepat. Harapannya adalah adik-adik yang hadir disini mendapat bekal terkait etika-etika penggunaan medsos, jangan sampai menyimpang dari SARA, pornografi. Namun, jangan berhenti sampai disini saja, adik-adik juga harus meneruskan ke teman-temannya,” pesan mantan Camat Kademangan ini.

Sandy Purwanto, Kepala SMP Negeri 2 Kota Probolinggo juga mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo untuk kerja samanya dalam sosialisasi internet sehat seperti ini. “Kami ingin sekali menjalin kerja sama. Semoga dengan adanya kerjasama ini kami berharap mendapat banyak bimbingan dan informasi dari Diskominfo, terutama untuk pengembangan pendidikan SMPN 2 Kota Probolinggo,” harapnya.

Sebelum acara beranjak ke materi narasumber, Kepala Diskominfo dan Kepala SMP N 2 Kota Probolinggo menandatangani perjanjian kerjasama (MoU). Di akhir acara, Anisa yang merupakan Ketua OSIS SMP N 2 Kota Probolinggo, merasa sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. “Alhamdulillah, bisa ikut acara ini. Sangat senang, dapat ilmu baru, bisa tahu bagaimana cara untuk share konten positif. Terima kasih banyak,” jelasnya sumringah.

Pelaksanaan Sosialisasi Internet Sehat tidak hanya berhenti sampai disini, akan ada beberapa sekolah yang menjadi tujuan selanjutnya. Karena tujuan sosialisasi ini ialah untuk membentuk generasi muda berinternet dengan sehat dan beretika.

Reporter : Yuris/Sayful

Editor : Samsul Hadi