Cek Sound, Putra Dan Putri Sidoarjo Siap Berlaga Dalam MTQ Kabupaten 2022

 

Sidoarjo Wartapos.id – Memberikan ruang, bagi penghafal Al Quran dan Qoriah untuk mengikuti ajang perlombaan tingkat kabupaten MTQ, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo memanggil putra-putri terbaiknya tampil diajang festival keagamaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) 2022. Yang akan digelar tanggal 24-27 Agustus mendatang. Ada tujuh cabang yang dilombakan pada ajang MTQ yang digelar pemkab tersebut. Yakni cabang Tilawah, Tahfidz Al Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Fahmil Al Qur’an, Syarhil Al Qur’an, Khat Al Qur’an dan yang terakhir cabang Musabaqah Makalah Ilmiah.

Pendaftaran dibuka tanggal 19-29 Juli 2022 mulai pukul 08.00-15.00 Wib. Para peserta bisa mendaftar melalui kantor kecamatan masing-masing selanjutnya dokumen pendaftaran dari kecamatan akan dikirim ke kabupaten di Bagian Kesra Setda Sidoarjo.

MTQ tingkat kabupaten itu diharapkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor jadi wadah kaderisasi mencetak bibit-bibit unggul para Qori’/ah (pembaca Tilawah), Hafidz-Hafidzah (penghapal Qur’an) sampai bisa ikut festival MTQ ke tingkat nasional dan internasional.

Bupati Gus Muhdlor mendorong lebih banyak lagi putra-putri Sidoarjo yang berprestasi. Salah satunya prestasi jalur keagamaan. “Melalui MTQ ini kita cetak bibit-bibit unggul para Qori/ah dan Hafidz-Hafidzah serta cabang lain seperti Syarhil Al Qur’an dan lainnya,” ujar Gus Muhdlor. Jum’at Malam, (27/5/2022) di Pendopo Delta Wibawa.

Pada ajang Tilawah dan Hafalan Qur’an, Indonesia termasuk negara yang diperhitungkan oleh negara-negara Islam dunia. Sejauh ini prestasi dari Sidoarjo dinilai Gus Muhdlor sangat baik. Pada ajang MTQ tingkat Jawa Timur tahun 2021 lalu yang diselenggarakan di Kabupaten Pamekasan, Sidoarjo diperingkat kedua setelah Lamongan. Kemudian pada MTQ 2019 yang digelar di Kabupaten Tuban, Sidoarjo juga bertahan di juara 2.

Melihat prestasi putra-putri Sidoarjo diajang MTQ Jatim yang mampu bertahan juara 2 berturut-turut, Gus Muhdlor optimis Sidoarjo yang akan jadi Juara Umum pada MTQ 2023 yang digelar di Kota Pasuruan mendatang. Karena Gus Muhdlor melihat kapasitas dan kualitas peserta dari Sidoarjo menujukkan konsistensinya tinggal persiapannya yang dimatangkan lagi tahun ini.

“Kita support putra-putri kita, semua kafilah dari Sidoarjo sudah tampil sangat baik pada MTQ Jatim tahun 2019 dan 2022. Kami optimis dengan kualitas dan kapasitas yang dimiliki kafilah Sidoarjo, pada MTQ tahun 2023 Sidoarjo sudah saatnya menjadi juara umum,” ujar Gus Muhdlor dengan semangat.
Semoga pecinta Al Quran banyak lahir dari kita Delta dan kelak menjadi Ustad dan Ustadzah yang bisa membimbing umat ke jalan kebenaran dalam menuju ke jalan Allah SWT. ( rif/ir )