Antisipasi Banjir Wabup Subandi Turun Langsung Bersihkan Sungai Buntung Tambak Oso Waru

Sidoarjo Wartapos.id – Musim penghujan yang sekarang masih aktif, oleh karena itu, mengantisipasi intens hujan yang tinggi , Wabub Subandi S.H bersama Forkopincam langsung turun menormalkan Sungai Buntung yang ada, di perbatasan Desa Segorotambak Kecamatan Sedati dan Desa Tambakoso Kecamatan Waru akhirnya di normalisasi Minggu pagi (19/12) .

Subandi.S.H ” sungai yang ada di Sidoarjo perlu ada perhatian yang serius, terutama sungai Buntung ini, Wabub turun langsung bersama warga sekitar gotong royong bersihkan tanaman eceng gondok yang menutup permukaan sungai kalau di biarkan jelas menghambat aliran sungai, oleh sebab itu Normalisasi dilakukan Dinas PU BM SDA, BPBD, dua kecamatan, pemerintah desa dan mahasiswa dari KKN Unitomo. Aliran yang sebelumnya dipenuhi tanaman eceng gondok sekarang sudah terlihat bersih dan sudah lancar.

Dalam sidak sungai, dua pekan lalu Subandi sempat meninjau lokasi tersebut dan menginstruksikan pembersihan enceng gondok dilakukan. Mengingat jika dibiarkan dalam waktu lama, kondisi tersebut bisa memicu banjir ketika musim hujan.

“Alhamdulillah hari ini terealisasi pembersihan sungai. Kami lakukan kerjabakti melibatkan semua unsur TNI, polri, kader lingkungan semua, warga
kepala desa Sedati dan Waru,” ujar Subandi.

Ini bukan hanya sekali ini aja, supaya ke depannya sungai menjadi bersih dari sampah dan enceng gondok, perhatian masyarakat agar janhan membuat sampah di sungai, dan rutin Agar Enceng gondok tak kembali menumpuk, Subandi meminta kecamatan bersama pihak desa minimal satu bulan sekali, kecamatan dan desa mengadakan kerja bakti bersama.

Masih kata Subandi” Menurutnya hal itu tidak hanya di Kecamatan Sedati atau Waru saja, tapi di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo. Sehingga masyarakat aman dari banjir. Sungai aman dari enceng gondok.

“Jangka panjang di setiap wilayah berkewajiban menjaga wilayahnya. Agar sungai berfungsi sebagaimana mestinya,” tegasnya.

Warek I Unitomo Amirul mustofa mengatakan kegiatan normalisasi sungai buntung itu bersamaan dengan KKN tematik kebencanaan yang dilakukan mahasiswa tingkat akhir. “Kami berpartisipasi bersama kecamatan, warga ikut membersihkan agar tidak terjadi banjir ujarnya.

Reporter : rif/kominfo