Tanggal 10 November Adalah Sejarah Pahlawan Tapi Kenapa tidak Hari libur Nasional.

Surabaya, Wartapos.id – Menjelang Hari Pahlawan 10 Nomember 2021, Sekelompak masyarakat Surabaya menggugah atau menuntut agar hari tersebut menjadi hari libur nasional.

Tuntutan mereka disuarakan melalui poster yang viral di media sosial (Medsos), bertuliskan ‘Menuju 10 November sebagai hari libur nasional, apa yang saya lakukan saat ini tidak ada apa apanya dengan apa yang sudah dikorbankan pahlawan 10 November’, demikian isi seruan dalam poster tersebut.

Tidak hanya itu, pantauan redaksi mili.id akun YouTube Taufiq Hidayat mengabadikan perjuangan mereka menutut 10 November menjadi hari libur nasional, dengan mendatangi makam WR Supratman.

Disana membentang poster sambil membacakan Puisi diringi dengan irama Biola, berikut ini isi Puisi yang dibacakan oleh mereka.

Aku tak mengerti jalan pikirian kalian

Mengapa hari pahlawan kalian buat sesederhana ini?

Sedangkan mereka menyempurnakan kemerdekaan bukan hal biasa

Bukan hal sederhana

Harta, benda, nyawa menjadi tumbalnya

Semangat mereka disiram dengan darah segar di bumi pertiwi

Tangis mewarnai sangsaka

Lalu apa yang kalian pikirkan saat ini

Bila hari pahlawan hanya menjadi hal yang sederhana.

Aku tetap tak mengerti jalan pikirian kalian.

Begitulah rangkaian puisi yang di kemas melalui musikalisasi bersama pemain biola yang tak asing lagi di kota pahlawan ini. Sembari menyampaikan keinginannya, para pemuda ini menginkan adanya perhatian dari pemerintah jokowi untuk menimbang ulang keputusan yang pernah di terapkan oleh jaman sukarno bahwa hari pahlawan adalah sebatas hari nasional saja.

Menariknya, aksi mereka di saksikan oleh para peziarah yang berasal dari kalimantan dan semarang. Menurutnya keinginan para musisi ini masuk akal melihat begitu besarnya dampak dari tgl 10 novemver bagi masa depan bangsa..

Maka sangat pantas apabila hari pahlawan yang jatuh pada tgl 10 november patut di jadikan hari libur nasional sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan.

Reporter : GT