Tandatangani Kerja Sama, BPN Serahkan Sertifikat Aset TNI

Wartapos, Probolinggo – Bertempat di halaman Makodim 0820/Probolinggo Jl. Panglima Sudirman No.73 telah di laksanakan penandatangana perjanjian kerja sama antara kantor pertanahan Kota/Kab. Probolinggo dengan Kodim 0820/Probolinggo, Polres Probolinggo dan penyerahan sertifikat aset TNI yang di ikuti sekitar 30 orang.

Hadir dalam kegiatan AKBP. Raden Moh. Jauhari SH.sik M.Si, Letkol Inf Imam Wibowo, S.E., M.I.Pol (Dandim 0820/Probolinggo), Agus Purwanto Aptnh.sh.mh ( kepala pertanahan kota Probolinggo), Ir Budi Doyo MSI ( Kepala pertanahan kab. Probolinggo), Para Babinsa, Babinkantibmas dan Pegawai pertanahan .

Kegiatan penandatanganan yang di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya. Agus Purwanto Aptnh.sh.mh ( kepala pertanahan kota Probolinggo) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program PSN strategis ada beberapa poin2 yang kita lakukan di antaranya menukar data dan mendata aset. Program ini merupakan agenda nasional dan dalam pelaksanaanya perlu adanya penyuluhan kepada masyarakat yang melibatkan stek kolder yang sudah di tunjuk dengan melakukan pendaftaran PTSL.

Di wilayah kota sudah ada anggaran 1500 sertifikat dan bantuan dari Pemkot untuk wilayah kota agar di tahun 2023 sudah bersertifikat semua. Kami memohon kepada Dandim dan Kapolres agar memberikan bantuan melalui Babinsa dan Babinkantibmas dalam pelaksanaan di lapangan membantu untuk mensukseskan pelaksanaan program ini.

Ir Budi Doyo MSI ( Kepala kantor pertanahan Kab Probolinggo) mengatakan Bahwa ada dua pokok dalam pelaksanaan kerja sama ini antara lain Pensertifikatan aset Polresta dan Kodim. Sangat diperlukan pendampingan Babinsa dan Babinkantibmas di lapangan dalam pelaksanaan pensertifikatan. Kegiatan PTSL ini menindak lanjuti perintah Kakanwil bersama pangdam V brawijaya dan Kapolda jatim. Bahwa wilayah Kabupaten Probolinggo masih Ada beberapa yang wilayah hukumnya masuk Polresta, sehingga pihak pertanahan tetap akan melakukan kordinasi dengan pihak Polresta.

Letkol Inf Imam Wibowo, S.E., M.I.Pol (Dandim 0820/Probolinggo) juga mengatakan kita semua saat ini bisa berkumpul dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kota dan Kabupaten Probolinggo. Khusus untuk Kota Probolinggo bahwa kampung benteng saat ini sudah bersertifkat semua berkat atas bantuan BPN kota probolinggo. Dan juga saat ini aset TNI masih banyak yang belum bersertifikat sehingga dengan adanya PTSL bisa kita mensertifkat semua aset TNI yang ada di wilayah kota dan Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan kegiatan ini juga melaksanakan penanda tanganan kerjasama BPN kota / Kabupaten Probolinggo dengan pihak kodim 0820/ Probolinggo dan Polresta Probolinggo. Program strategis nasional yaitu PTSL suatu pemberian bantuan yang cuma2 dari pemerintah dalam pengurusan sertifikat.

Kegiatan ini Babinsa dan Babinkantibmas mempunyai peranan sangat penting. Nantinya apa yang sudah menjadi Standar Operasional agar dalam pelaksanaan di lapangan tetap di pedoman. Semoga senergotas ini tetap terjalin dan kodim 0820/probolinggo tetap mendukung kebijakan pemerintah.

AKBP Raden Moh.Jauhari SH.sik M.Si mengatakan dalam menyelenggarakan program pemerintah yaitu hal ini program strategis nasional untuk PTSL. Proses nantinya akan ada penyerahan sertifikat aset TNI kepada Dandim yang akan di berikan oleh kepala BPN kota .

Babinsa dan Babinkantibmas agar membatu memberikan pengurusan yang akan laksanakan oleh BPN Kota/Kabupaten Probolinggo. Agar tetap selalu berkordinasi dengan pihak BPN dan bagi Babinsa dan babi kantibmas yang terlibat dalam hal ini akan di berikan pelatihan .

Pelaksaan di lapangan setiap bagian agar selalu berkerja sama selalu berkordinasi agar dalam pelaksaan bisa berjalan dengan tertib lancar dan aman. Untuk wilayah polresta masih membawai beberapa di wilayah Kabupaten probolinggo sehingga Babinkantibmas dan Babinsa untuk tetap mendata aset2 baik polres maupun kodim. (ris/ful)