PWI Bangkalan Rayakan HPN Ke 75 Di Dermaga Kamal

Fhoto bersama usai membagikan paket sembako kepada PKL dan membagikan masker kepada para pengguna kapal penyeberangan di Kamal. (Photo courtesy of wartapos)

BANGKALAN, Wartapos.id – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75, yang bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), PWI Kabupaten Bangkalan tersentuh hatinya untuk mengulurkan tangan kepada masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19 (Corona Virus Deseas 2019). Keperdulian tersebut diwujudkan dalam bentuk pembagian paket Sembako (Sembilan bahan pokok) kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan pelabuhan dermaga Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan pada Selasa (09/02/2021) pagi.

Ketua PWI Bangkalan, Moh Amin mengutarakan bahwa pendapatan para PKL sudah mulai berkurang akibat terdampak pandemi Covid-19 tersebut. Sehingga, PWI juga perlu untuk menyalurkan kepedulian kepada masyarakat terdampak.

“Mudah-mudahan pembagian sembako yang bekerja sama dengan pemerintah daerah ini bisa membantu para PKL dalam mengurangi dampak pandemi ini,” tuturnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan, Wibagio Suharta saat memberikan paket sembako kepada PKL di penyeberangan di Kamal. (Photo courtesy of wartapos)

Kegiatan ini merupakan implementasi dari tema besar PWI pusat “Bangkit dari Pandemi”. Selain itu, anggota PWI Bangkalan bersama – sama membagikan ratusan masker kepada PKL hingga penumpang kapal penyeberangan, baik yang baru turun maupun yang akan menaiki kapal penyeberangan.

“Makanya kali ini kami di daerah merealisasikan dengan bakti sosial bagi-bagi sembako dan bagi-bagi masker. Semoga dengan kegiatan ini, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan semakin menurun dan bebas dari pandemi Covid-19,” sambungnya.

Ketua PWI Bangkalan, Moh. Amin saat memberikan masker kepada masyarakat pengguna kapal penyeberangan di Kamal. (Photo courtesy of wartapos)

Amin, sapaan akrabnya, mengingatkan kepada insan pers, Khususnya kepada anggota PWI Bangkalan, untuk menjaga profesionalitas Penulisan dalam menyajikan berita kepada khalayak masyarakat. Menurutnya, menangkal hoax merupakan salah satu tugas wartawan.

“Kami berharap wartawan, khususnya PWI bisa menyajikan berita yang sejuk dan mendidik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangkalan, Dr. Agus Sugianto Zein, S.Pd, M.Pd menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian anggota PWI Bangkalan kepada PKL di pelabuhan kamal.

Namun, pihaknya berharap kepada wartawan, agar tetap meningkatkan kerjasama yang baik kepada pemerintah kebupaten (Pemkab) setempat. Sehingga masyarakat dapat membaca berita yang berkaitan dengan instansi.

“Fungsi pers yang utama memberikan sajian berita yang baik terkait pemerintahan. Kerja para wartawan ini ke depan sangat dibutuhkan dalam memfasilitasi pemerintah dan masyarakat. Sesuai dengan fungsi media sendiri, yaitu sebagai media informasi, edukasi, dan hiburan,” ujarnya.

“Sehingga dalam hal ini, wartawan dapat tetap memperhatikan kode etik jurnalistik demi menjaga kebersamaan antara kepentingan pemerintah dan kepentingan media,” pungkasnya mengakhiri.

Dalam aksi kepedulian tersebut, turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangkalan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Bangkalan, Sekertaris Kecamatan Kamal dan Bhabinkamtibmas Polsek Kamal.

Pewarta : Ahsan
Editor : Redaksi